Siapkan Personel Tangguh, Bakamla RI Gelar Orientasi CPNS Angkatan IX TA 2021

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 08/Apr/2022 16:51 WIB
foto:istimewa/BakamlaRI foto:istimewa/BakamlaRI

 JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Biro Umum Bakamla RI Laksma Bakamla Amin Budi Cahyono, S.E., secara resmi membuka kegiatan orientasi CPNS angkatan IX tahun anggaran 2021 di lapangan Apel Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/4/2022).

Baca Juga:
Bakamla RI Buka Pelatihan Terkoordinasi VBSS Internasional

Dalam sambutannya, Laksma Bakamla Amin BC mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan pengenalan awal bagi insan penjaga laut nusantara yang akan bergabung dengan Bakamla RI.

“Pengenalan awal tentang kondisi di sekitar Mabes Bakamla RI, Satker-satker yang terdapat di Bakamla RI, bidang tugas dan tanggung jawab yang diemban, serta visi dan misi dari Bakamla RI dalam upaya melakukan pengamanan di wilayah perairan yurisdiksi Indonesia,” jelas Laksma Bakamla BC.

Baca Juga:
Kepala Bakamla RI kunjungi Markas PCG di Filipina

Laksma Bakamla Amin BC menambahkan, pengetahuan seputar hukum laut juga merupakan salah satu hal yang esensial untuk diketahui dan terus dipelajari oleh personel Bakamla RI.

Laksma Bakamla Amin BC menyampaikan ada empat poin menjadi perhatian dan pelaksanaan bagi CPNS Bakamla RI yakni,(1) Senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME sebagai pondasi iman yang akan menopang motivasi saudara.(2) Jaga dan tingkatkan terus motivasi dalam bekerja dan mengabdi kepada bangsa dan negara melalui Bakamla RI. (3) Tingkatkan dan kembangkan kompetensi yang kalian miliki sehingga senantiasa dapat menjawab tantangan tugas di Bakamla RI. Dan (4) jaga selalu nama baik Bakamla RI sebagai rumah tinggal dan medan pengabdian kalian sebagai aparatur sipil negara.

Baca Juga:
Kepala Bakamla RI Hadiri Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022

Tidak kalah pentingya, Laksma Bakamla Amin BC juga menyampaikan bahwa CPNS Bakamla RI adalah personel komponen cadangan TNI AL, oleh sebab itu personel pengawak Bakamla RI akan dibina dan dididik sebagai paramiliter. Untuk itu, kalian harus menyadari besarnya tugas dan tanggung jawab kalian nantinya ke depan. Kalian akan menghadapi tantangan yang dinamis dan ini membutuhkan komitmen dan konsistensi kalian untuk mau maju menghadapi tantangan tersebut.

Diketahui, sebanyak 292 orang CPNS masuk dalam jajaran Bakamla RI, CPNS ini akan menempati formasi kebutuhan personel Bakamla RI di seluruh Indonesia. Terhitung sebanyak 3 Kantor Zona Maritim, 3 Pangkalan Armada Maritim, 14 Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL), 2 Stasiun Bumi (SB), dan puluhan Kapal Patroli Bakamla RI akan ditempati oleh wajah-wajah baru CPNS Bakamla RI ini.(ahmad)

Tags :