Produksi Kosong, Tahun Ini Mobilio Cuma Terjual 1 Unit

  • Oleh : Taryani

Minggu, 10/Apr/2022 08:43 WIB
Ilustrasi interior mobil Honda Mobilio. (Ist.) Ilustrasi interior mobil Honda Mobilio. (Ist.)

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Honda Prospect Motor (HPM) diketahui belum memproduksi satupun Mobilio pada tahun ini dan penjualannya tercatat hanya satu unit. Mobilio saat ini bukan barang prioritas bagi HPM.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Januari - Februari 2022 nama Mobilio sudah dihapus dari kolom data mobil produksi dalam negeri.

Selain itu Mobilio juga sudah tak ada pada rangkuman wholesales kategori 4x2 mesin di bawah 1.500 cc. Meski begitu Mobilio masih muncul dalam data retail Februari 2022 dan terpampang cuma terjual satu unit.

HPM menjelaskan masih mengalami masalah krisis chip semikonduktor yang berdampak pada bisnis Honda.

Ini membuat prioritas produksi dalam negeri ditujukan pada mobil Honda lainnya yang permintaannya lebih tinggi ketimbang Mobilio seperti Brio.

"Kenapa? ya karena (komponennya)  sama dengan Brio, dan pesanannya tinggi sekali," kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM saat ditemui di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, Kemayoran, Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Mobilio sekarang bukan produk utama, produksi dan penjualannya pun semakin terdegradasi. Meski begitu HPM menyatakan kalau mobil pesaing Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga ini belum diputuskan putus karier.

Berdasarkan situs Honda Indonesia, Mobilio saat ini cuma ditawarkan satu varian S MT seharga Rp229,9 juta.

Varian ini ditujukan sebagai mobil fleet perusahaan atau instansi yang dibeli borongan, ini mengindikasikan produksinya cuma dilakukan kalau ada yang pesan. (tr/Sumber:CNN Indonesia)