Segini Kisaran Biaya Tol dan Kapal Ferry Mudik Jakarta-Padang Naik Sedan Sekali Jalan

  • Oleh : Taryani

Minggu, 10/Apr/2022 18:33 WIB
Ilustrasi jalur mudik  kendaraan bermotor menuju  Sumatera Barat. (Foto:Dok.ANTARA) Ilustrasi jalur mudik kendaraan bermotor menuju Sumatera Barat. (Foto:Dok.ANTARA)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kesibukan kendaraan mudik Lebaran 2022 tak lama lagi bakal menghiasi  ruas jalan di sejumlah kota.

Salah satu rute favorit daerah pulang kampung  di Sumatera adalah Kota Padang. Biaya tol dan kapal feri  yang perlu disiapkan sekali jalan naik mobil sedan sekitar Rp631 ribu.

Beberapa ruas jalan tol yang perlu di tempuh dari Jakarta ke Padang adalah Jakarta-Tangerang, ruas tol Tangerang-Merak, kapal feri Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakauheni, tol Bakauheni-Terbanggi Besar, tol Kayu Agung-Palembang, dan jalan raya umum.

Kira-kira berapa kisaran tarif yang harus dikeluarkan untuk mudik ke Padang via Jalan Tol?.

Dikutip laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, pemudik dapat menggunakan kendaraan golongan satu seperti sedan hingga bus.

Perjalanan dapat dimulai melalui ruas tol Jakarta-Tangerang dengan tarif Rp7.000 dan mengambil pintu keluar Gerbang Tol Cikupa. Dilanjutkan perjalanan melalui tol Tangerang-Merak dengan tarif Rp44 ribu.

Untuk sampai ke Pulau Sumatera, perlu menggunakan kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Menurut aplikasi Ferizy milik PT ASDP, kendaraan sedan penumpang yang masuk ke golongan 4A dikenakan biaya Rp419 ribu.

Sesampainya di Bakauheni, perjalanan berlanjut melalui tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan biaya Rp111 ribu dan melanjutkan ke tol Kayu Agung-Palembang dengan tarif Rp50 ribu.

Dengan begitu, biaya tol dan kapal feri yang perlu dikeluarkan sebesar Rp631 ribu.

Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya perjalanan jalan raya non-tol menuju Padang.

Setelah keluar di pintu gerbang Palembang,  melanjutkan perjalanan ke Padang dengan beberapa jalan non tol, seperti Jalan Lintas Sumatera, Jalan Muaro Bulian, Jalan Muaro Bungo, hingga ke Jalan Raya Padang.

Berikut rincian biaya tol dan penyeberangan menggunakan sedan  atau kendaraan Golongan Satu.

1. Jakarta-Tangerang: Rp7.000

2. Tangerang-Merak: Rp44 ribu

3. Kapal feri: Rp419 ribu

4. Bakauheni-Terbanggi Besar: Rp111 ribu

5. Kayu Agung-Palembang: Rp50 ribu

Total: Rp631 ribu.

(tr/Sumber:CNN Indoensia).