Gawat! Puluhan Buaya Lepas dari Penangkaran

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 15/Apr/2022 11:42 WIB
Ilustrasi buaya muara. (Ist.) Ilustrasi buaya muara. (Ist.)

BANYUASIN (BeritaTrans.com) - Puluhan buaya lepas dari tempat penangkaran di Desa Tanjung Sari, Kelurahan Sukomoro, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Hal ini membuat sejumlah warga resah.

Kepala BKSDA Sumsel, Ujang Wisnu Barata, membenarkan peristiwa lepasnya puluhan buaya dari salah satu penangkaran di wilayah Banyuasin tersebut.

Menurutnya tim BKSDA bersama instansi terkait sudah terjun ke lokasi menagggulangi masalah ini.

“Tim sudah turun ke lapangan,” katanya Ujang, Rabu (13/4/2022).

Kepala SKW I BKSDA Sumsel, Yusmono mengatakan, buaya yang lepas tersebut berasal dari kolam penangkaran anakan buaya dari PD Budiman. Berdasarkan informasi terdapat  82 ekor buaya muara yang berada di kolam tersebut.

“Buaya yang lepas kemungkinan mencapai puluhan ekor. Tapi untuk pastinya belum dapat diketahui,” katanya.

Penyebab lepasnya puluhan buaya tersebut dikarenakan hujan deras yang melanda wilayah tersebut. Hal itu mengakibatkan air meluap di salah satu kolam penangkaran sehingga menyebabkan buaya yang berada di dalamnya keluar.

“Buaya yang lepas itu dari kolam anakan dengan estimasi panjangnya mencapai 1,5 sampai 1,8 meter. Jenisnya buaya muara,” katanya.

Menurutnya, petugas BKSDA dan tim dari penangkaran saat ini terus melakukan penyisiran di sekitar lokasi untuk menangkap kembali buaya tersebut.

Berdasarkan hasil penyisiran sementara,  reptil tersebut masih berada di sungai-sungai kecil yang berada di seputar area penangkaran.

Dikatakan Yusmono, penangkapan kembali biaya yang kabur saat ini masih terkendala kondisi air sungai yang masih tinggi.

Cukup menyulitkan tim melakukan pendeteksian keberadaan buaya tersebut. Namun, lokasi penangkaran jaraknya cukup jauh dari pemukiman warga.

“Sejauh ini sudah ada 3 ekor biaya yang berhasil ditangkap kembali,” katanya.

Yusmono mengimbau masyarakat  khususnya warga Desa Tanjung Sari agar lebih berhati-hati saat beraktivitas di sungai maupun rawa sekitar.

Selain itu, warga juga diharapkan segera melapor jika melihat keberadaan buaya di sekitar lingkungannya. (tr/Sumber:Okezone)