Melonjak Pengiriman Motor untuk Mudik Pakai Kereta Api Logistik

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 15/Apr/2022 15:38 WIB
Seorang porter sedang mengemas sepeda motor yang akan diangkut menggunakan jasa dari KAI Logistik Cabang Bekasi, Jawa Barat, Jumat (15/4/2022). Seorang porter sedang mengemas sepeda motor yang akan diangkut menggunakan jasa dari KAI Logistik Cabang Bekasi, Jawa Barat, Jumat (15/4/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Memasuki musim mudik Lebaran, aktifitas pengiriman sepeda motor dan barang menggunakan Kereta Api Logistik mulai meningkat ramai pengguna. Hal itu terlihat pada PT KAI Logistik Cabang Bekasi, tepatnya di Jalan Kemakmuran, Margajaya, Bekasi, Jawa Barat. 

"Pengiriman paket menjelang lebaran ini mulai ramai. Pengiriman sepeda motor juga mulai meningkat," kata admin Kalog Cabang Bekasi, Miftahur Rizki di kantornya, Jumat (15/4/2022). 

Baca Juga:
KAI Kerja Sama dengan Berhad Malaysia untuk Persiapkan SDM LRT Jabodebek

Rizki mengungkapkan, sebelum memasuki bulan puasa, kantor jasa pengirimannya hanya mengirim rata-rata 30 sepeda motor setiap pekan. Namun, kini saat menjelang Lebaran pengirman dalam sepekan mencapai 50 atau rata-rata delapan sampi 10 sepeda motor. 

"Satu hari delapan sampai sembilan motor. Seminggu bisa mencapai 50 motor sekarang," katanya. 

Baca Juga:
Penumpang KA Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen Meningkat Saat Libur Sekolah dan Masuki Idul Adha

Kenaikan itu akan terus meningkat lagi. Riski mengungkapkan aktivitas sibuk pengiriman sepeda motor biasanya terjadi saat tujuh hari sebelum lebaran atau H-7. 

"Dari awal masuk Ramadhan sudah mulai ramai. Tapi biasanya, sibuk-sibuknya H-7 sih," kata Rizki. 

Baca Juga:
Balai Pengelola Kereta Api Sulsel Gelar Railway Trail Run 2022

Adapun syarat pengiriman sepeda motor menggunakan Kalog yaitu, STNK yang masih aktif, KTP pengirim, dan kunci kontak. 

Mengenai tarif jasa, pengiriman sepeda motor dipatok tergantung besaran kapasitas mesin atau CC dan juga jarak atau tujuan. 

"Untuk yang paling murah sih, seperti ke Tanggerang atau Bandung itu Rp330 ribu, untuk di bawah 130 cc ya, yang paling mahal ada di Rp1 jutaan," jelas Rizki. 

Untuk tarif, nantinya juga akan ada tambahan biaya untuk pengemasan atau packing yaitu,  kardus atau biasa sebesar Rp50 ribu dan untuk motor kondisi baru disarankan menambahkan pengemasan menggunakan bubble wrap dengan tambahan harga Rp50 ribu juga. 

Pengiriman sepeda motor ini juga sebagai kebutuhan mobilitas warga di kampung saat mudik. Seperti yang dilakukan salah satu pengirim yang datang dari Babelan, Kabupaten Bekasi. 

"Rencananya (sepeda motor) kirim ke Tanggul, Jember...Ya sekalian itu untuk mudik, untuk anak juga di sana," kata Harun saat ditemui di kantor Kalog Cabang Bekasi, Jumat (15/4/2022). 

Pengiriman sepeda motor menggunakan KAlog diungkapkannya untuk persiapan mudik dan aktivitas di kampung. Selain itu, dipilihnya KAlog karena cepat dan lebih efisien. 

Tidak hanya sepeda motor, pengiriman barang lain seperti paket, makanan dan hewan juga mengalami peningkatan di Kalog Cabang Bekasi. 

Volume Angkutan Barang KAI Naik 14,4% di Triwulan I 2022 

Sebelumnya diberitakan BeritaTrans.com, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan kinerja positif di sektor angkutan barang di awal tahun 2022 ini. Pada triwulan I 2022, KAI mengangkut sebanyak 12,7 juta ton barang, naik 14,4% dibanding triwulan I 2021 sebanyak 11,1 juta ton barang.

Kenaikan volume angkutan barang juga terjadi pada Maret 2022 dimana KAI mengangkut 4,8 juta ton barang, naik 20,2% dibanding Februari 2022 sebanyak 4,0 juta ton barang. Angkutan barang KAI di bulan Maret 2022 didominasi oleh angkutan batu bara sebanyak 3,8 juta ton, petikemas 408 ribu ton, dan semen 309 ribu ton.

Adapun peningkatan terbesar angkutan barang KAI di bulan Maret dibanding Februari yaitu pada komoditas batu bara dimana naik 642 ribu ton atau 20,6%, petikemas naik 66 ribu ton atau 19,5%, dan BBM naik 43 ribu ton atau 24,3%. 

“Meningkatnya kinerja angkutan barang ini disebabkan oleh berbagai faktor di antaranya bertambahnya frekuensi perjalanan kereta api barang, faktor cuaca, dan lainnya,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dikutip dari keterangan resmi, Kamis (14/4/2022).

Angkutan barang masih menjadi tumpuan bisnis KAI di tahun 2022 ini di tengah mulai pulihnya sektor angkutan penumpang. KAI juga optimistis dapat menumbuhkan kinerja di sektor optimalisasi aset untuk menopang bisnis KAI secara keseluruhan.

“Kereta api memiliki keunggulan dapat mengangkut barang dalam jumlah besar pada satu perjalanan sehingga mengurangi beban jalan raya dan bebas macet. Selain itu, angkutan barang menggunakan kereta api juga memiliki keunggulan bebas pungli, waktu pengiriman yang terjadwal dan tepat waktu, serta lebih ramah lingkungan,” tutup Joni.(fahmi)