Kapal Perang AS Merapat di RI, Jalankan Operasi Bersama TNI AL di LCS

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 15/Apr/2022 16:25 WIB
Kapal USS Momsen (DDG 92). (Ist.) Kapal USS Momsen (DDG 92). (Ist.)

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) merapat ke RI. Pasukan AS tersebut menjalankan operasi bersama di Laut China Selatan (LCS) dengan TNI AL.

Kegiatan itu berlangsung sejak 12 April lalu dan berakhir Kamis (14/4/2022).

Merujuk pernyataan pers, USS Navy, operasi bilateral itu melibatkan kapal USS Momsen (DDG 92). USS Momsen adalah kapal perusak kelas Arleigh Burke, yang menjadi salah satu terbaik dunia.

TNI sendiri melibatkan korvet KRI Bung Tomo (FF 357). Kapal ini merupakan salah satu dari tiga jenis kapal (Multi Role Light Fregate) milik TNI AL.

"Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi kru kami dan negara kami untuk dapat bekerja di laut bersama mitra kami dan saya bangga menjadi bagian darinya," kata Komandan Momsen Erik Roberts, dikutip Jumat (15/4/2022).

"Kami berkomitmen untuk memperkuat interoperabilitas dengan mitra regional yang berpikiran sama untuk memastikan pasukan kita dapat beroperasi bersama secara efektif," katanya.

Operasi bilateral AS-Indonesia berfokus pada taktik divisi, latihan passing, dan pelayaran formasi.

Ini juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada angkatan laut AS dan Indonesia untuk berlatih bersama, meningkatkan interoperabilitas, dan bekerja sama menuju tujuan maritim bersama.

Diketahui LCS sendiri merupakan titik panas di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara.

Pasalnya China mengklaim hampir 90% wilayah laut tersebut sebagai teritorinya melalui "Sembilan Garis Putus-putus".

Ini membuat China tegang dengan sejumlah wilayah Asia. Mulai dari Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, termasuk Natuna RI. (tr/Sumber:CNBCIndonesia)