Antisipasi Lonjakan Pemudik Lebaran 2022, KAI Siapkan 9 Kereta Tambahan

  • Oleh : Taryani

Senin, 18/Apr/2022 14:38 WIB
Ilustrasi penumpang kereta api di Stasiun Gambir Jakarta. (Foto:Dok.Tempo.co) Ilustrasi penumpang kereta api di Stasiun Gambir Jakarta. (Foto:Dok.Tempo.co)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mengantisipasi lonjakan penumpang mudik Lebaran 2022, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan sembilan kereta api (KA) tambahan.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan sembilan rangkaian kereta tambahan itu akan diumumkan di waktu mendatang.

"Kami menyiapkan sembilan relasi tambahan. Nanti di-share," ujarnya sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia.com, Senin (18/3/2-22).

Eva menerangkan dari data yang diperoleh, jumlah penumpang sampai saat ini masih stabil. Namun, ia memprediksi jumlah penumpang mulai meningkat pada H-10 Idulfitri atau pada 22 April. 

"Nanti malah pada 28 April itu paling tinggi kemungkinan. Kalau data per hari ini, paling tinggi itu di 28 April. 94 persen (tiket habis) sekitar 32 ribu (penumpang)," sambung Eva.

Menurut Eva, tiket akan banyak terjual pada 27 April dan 28 April karena merupakan tanggal favorit penumpang. Hal ini karena dua tanggal itu dekat dengan Hari Raya.

Sebelumnya, KAI juga menebar diskon tiket KA hingga 60 persen dalam program KAI Access Ramadan Festive 2022 yang berlaku untuk keberangkatan 20 April-13 Mei 2022.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan diskon tiket hanya bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access. Diskon digelar demi mengajak masyarakat naik kereta api pada masa mudik Lebaran.

"Kelebihan naik kereta api adalah bebas macet, aman, nyaman, dan sehat. Hal tersebut dikarenakan KAI selalu memastikan perjalanan KA menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah di masa pandemi covid-19 serta perjalanan KA sudah terjadwal dengan efektif," tutur Joni pada akhir pekan lalu.

Joni menambahkan ada sekitar 4.000 tiket kereta yang bakal didiskon pada periode tersebut. Diskon itu diberlakukan untuk beberapa rute.

Pertama, rute Semarang ke Jakarta yang didiskon dari semula Rp330 ribu menjadi Rp132 ribu. Kedua, rute Surabaya ke Jakarta yang didiskon dari Rp540 ribu menjadi Rp216 ribu.

Ketiga, rute Solo ke Bandung yang bakal mendapat potongan dari Rp360 ribu menjadi Rp144 ribu.

Berikut daftar rute yang mendapat diskon hingga 60 persen:

Periode Keberangkatan 20 April-3 Mei 2022

1. KA Argo Sindoro (Semarang Tawang-Gambir)

2. KA Sembrani (Surabaya Pasarturi-Gambir)

3. KA Purwojaya (Cilacap-Gambir)

4. KA Sawunggalih (Kutoarjo-Pasar Senen)

5. KA Lodaya (Solo-Bandung)

6. KA Mutiara Timur (Ketapang-Yogyakarta)

7. KA Argo Cheribon (Cirebon-Gambir dan Tegal-Gambir)

Periode Keberangkatan 4 Mei-13 Mei 2022

1. KA Argo Sindoro (Gambir-Semarang Tawang)

2. KA Sembrani (Gambir-Surabaya Pasarturi)

3. KA Purwojaya (Gambir-Cilacap)

4. KA Gumarang (Pasar Senen-Surabaya Pasarturi)

5. KA Sawunggalih (Pasar Senen-Kutoarjo)

6. KA Lodaya (Bandung-Solo Balapan)

7. KA Kertanegara (Purwokerto-Malang)

8. KA Mutiara Timur (Yogyakarta-Ketapang)

9. KA Jayakarta (Pasar Senen-Surabaya Gubeng)

10. KA Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya Pasarturi)

11. KA Argo Cheribon (Gambir-Tegal dan Gambir-Cirebon). (tr/Sumber:CNN Indonesia)