Angkutan Motor Gratis melalui Kereta Api Diberangkatan Perdana

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 26/Apr/2022 20:15 WIB
Pelepasan perdana dilakukan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri didampingi Direktur lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, M. Risal Wasal, Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, EVP Daop 1 Jakarta, Suryawan Putra Hia serta Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah. Pelepasan perdana dilakukan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri didampingi Direktur lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, M. Risal Wasal, Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, EVP Daop 1 Jakarta, Suryawan Putra Hia serta Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Angkutan Motor Gratis (MOTIS) 2022 melalui Kereta Api (KA) mulai diberangkatkan secara perdana di stasiun Jakarta Gudang, Selasa (26/4/2022). Progran tersebut diselenggarakan Pemerintah RI melalui Ditjen Perkeretaapian dan menugaskan KAI sebagai pelaksana kegiatan. 

Pendaftarannya telah dibuka sejak 20 April 2022 baik melalui online maupun pendaftaran secara langsung. 

Baca Juga:
Kecelakaan KA Pangrango dengan Mobil di Petak Cibadak-Cisaat, Daop 1 Bakal Tutup Perlintasan

Pelepasan perdana dilakukan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri didampingi Direktur lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, M. Risal Wasal, Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, EVP Daop 1 Jakarta, Suryawan Putra Hia serta Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah. 

TLN. Ahmad Malik Syah, Direktur Utama KAI Logistik mengungkapkan “Pada keberangkatan perdana angkutan Motis 2022, sejumlah total 153 unit sepeda motor akan diberangkatkan melalui dua rangkaian kereta api yaitu lintas utara dan lintas selatan. Perjalanan akan menempuh waktu sekitar 8-9 jam”. 

Baca Juga:
Heboh Penumpang KA Ribut di Stasiun Pasar Senen, Rupanya Belum Booster, Ini Kata KAI

Sejak pendaftaran dibuka, data yang terhimpun pada 25 April 2022 pukul 16.00 WIB, jumlah pendaftar Motis tercatat sebanyak 2.524 peserta untuk periode arus mudik maupun arus balik dengan jumlah peserta yang menggunakan moda KA sebanyak 2.238. Sehingga masih tersedia sejumlah 6.756 kuota Motis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Guna mengakomodasi antusiasme calon peserta motis yang belum memiliki tiket mudik, disediakan loket khusus pembelian tiket Kereta Api di stasiun yang melayani Motis dengan rute Pasar Senen – Semarang Tawang dan Pasar Senen – Purwosari dengan sisa kuota sejumlah 12.441 tempat duduk. 

Baca Juga:
Pemprov Sumatera Barat Rencanakan Reaktivasi Kereta Api 2023

“Puncak pengiriman tercatat akan terjadi pada tanggal 29 April 2022 yang merupakan hari pertama dimulainya cuti bersama dengan jumlah 417 pendaftar diikuti tanggal 27 dan 30 untuk arus mudik. Sementara arus balik telah menunjukkan tren peningkatan pendaftaran dan akan terjadi puncak pengiriman mulai 7 – 9 Mei 2022. Jumlah pendaftaran diprediksi akan terus meningkat hingga batas maksimal kuota selama pendaftaran masih terbuka.” Tutup pria yang kerap disapa Malik. 

Selama proses pengiriman, peserta Motis dapat melakukan pelacakan mandiri melalui aplikasi KAI Access atau portal kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor pengiriman/Bukti Tanda Terima (BTT). Peserta Motis juga akan menerima SMS Notifikasi kedatangan motor untuk dapat segera diambil di stasiun tujuan dengan batas pengambilan 1x24 jam. Peserta cukup menunjukkan dokumen asli berupa KTP, STNK dan BTT kepada petugas. (fhm)