Perdana! Pelita Air Terbang Berjadwal Reguler dari Bandara Soekarno-Hatta

  • Oleh : Naomy

Kamis, 28/Apr/2022 12:54 WIB
Penerbangan perdana Pelita Air dari Bandara Soekarno-Hatta Penerbangan perdana Pelita Air dari Bandara Soekarno-Hatta

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura II dan PT Pelita Air Services memperkuat konektivitas penerbangan di Indonesia serta mendukung upaya pemulihan sektor pariwisata yang terdampak pandemi covid-19. 

Baca Juga:
Operasional Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup

Perdana, maskapai yang sebelumnya fokus pada layanan charter, kini memulai terbang rute secara reguler berjadwal dengan armada Airbus A320-200.

Bandara Soekarno-Hatta yang dikelola Angkasa Pura II menyambut operasional perdana penerbangan berjadwal reguler Pelita Air Services rute Jakarta - Denpasar. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Pelita Air Services nomor penerbangan 6D-102 setiap harinya berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 09.20 WIB dan tiba di Denpasar pukul 12.10 WITA, dilayani dengan pesawat berbadan sedang (narrow body) Airbus A320-200. Pelita Air Services sendiri saat ini mengoperasikan dua unit Airbus A320-200. 

Adapun penerbangan Pelita Air Services dilayani melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang saat ini merupakan terminal penumpang pesawat terbesar di Indonesia.

Baca Juga:
Dampak Erupsi Gunung Ruang, Operasional Bandara Samratulangi Ditutup Sementara

Inaugural Flight Ceremony Pelita Air rute Jakarta - Denpasar dilakukan hari ini, 28 April 2022, di Terminal 3 dan dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir, President Director AP II Muhammad Awaluddin, Direktur Utama InJourney Holding Dony Oskaria, Direktur Utama Pertamina Nicky Widyawati dan Direktur Utama Pelita Air Service Dendy Kurniawan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Pelita Air Service harus menjadi paradigma baru sektor penerbangan nasional.

"Data sebelum pandemi Covid-19 menunjukkan sebesar 72% industri pariwisata kita ada domestik. Ada potensi luar biasa yang selama ini BUMN tidak memfokuskan. Karena itu, Pelita akan menjadi salah satu tulang punggung untuk penerbangan domestik," jelas Menteri BUMN.
 
Sementara itu, President Director AP II Muhammad Awaluddin menyampaikan, penerbangan berjadwal reguler Pelita Air Services merupakan bentuk nyata dari upaya bersama dalam memastikan kontribusi sektor aviasi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional serta pelayanan kepada masyarakat. 

“Beroperasinya Pelita Air Services di penerbangan berjadwal reguler yang didukung penuh AP II selaku operator Bandara Soekarno-Hatta akan semakin meningkatkan standar pelayanan sektor penerbangan sehingga berdampak positif bagi traveler. Kami ucapkan selamat datang kepada Pelita Air Services di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Awaluddin.

Dia menambahkan kehadiran Pelita Air Services di tengah Angkutan Lebaran 2022 juga dapat mengakomodir tingginya permintaan kursi penerbangan, apalagi rute Jakarta - Denpasar merupakan salah satu rute tersibuk di dunia. 

“Rute Jakarta - Denpasar merupakan salah satu rute domestik tersibuk di dunia, dan kami sangat senang Pelita Air Services dapat membuka layanan penerbangan di rute ini untuk memenuhi permintaan yang ada,” kata Awaluddin. 

Berdasarkan analisa dari lembaga global OAG yang berbasis di Inggris, kapasitas kursi di rute Jakarta - Denpasar (CGK - DPS) pada April 2022 tercatat mencapai 620.000 kursi penerbangan sehingga rute ini menjadi rute domestik tersibuk ke-8 di dunia. 

“AP II memastikan setiap rute penerbangan termasuk Jakarta - Denpasar akan berjalan lancar, baik terkait operasional penerbangan maupun pelayanan kepada penumpang pesawat. Rute Jakarta - Denpasar merupakan salah satu rute domestik tersibuk di dunia, dan kami memastikan akan menjaga standar keselamatan, keamanan dan pelayanan serta kepatuan terhadap seluruh regulasi,” ujar dia.

Direktur Utama PT Pelita Air Services Dendy Kurniawan mengemukakan, penerbangan Jakarta - Denpasar hari ini merupakan salah satu pencapaian bagi perusahaan. 

“Momen yang sangat bersejarah bagi Pelita Air, karena Pelita Air mulai melayani penerbangan berjadwal dari Jakarta ke Denpasar," ujar Dendy.

Menurutnya, Pelita Air Services ke depannya akan kembali membuka rute-rute penerbangan lainnya.

"Pelita Air akan tumbuh berkembang dan memberikan kontribusi bagi industri penerbangan," tuturnya. (omy)