Penumpang KRL Jelang Lebaran Semakin Ramai, KAI Commuter Maksimalkan Operasional

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 30/Apr/2022 05:15 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Masa angkutan lebaran tahun 2022 ini memang dimanfaatkan oleh masyarakat pemudik untuk melakukan silaturahmi. 

"Menurut pantauan KAI Commuter di lintas, untuk Pemudik lokal yang menggunakan KA Lokal dalam satu wilayah juga terlihat tren kenaikan volume penggunanya dalam satu minggu terakhir," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan resmi, Jumat (30/4/2022). 

Baca Juga:
MRT Jakarta Akan Akuisisi Saham PT KCI, Kadishub DKI: Sesuai Amanat Presiden

Dijelaskan, KAI Commuter mancatat tren kenaikan jumlah volume pengguna KRL Jabodetabek sepekan terakhir menjelang lebaran yaitu sebesar 11%. Rata-rata pengguna pada peka ini sebanyak 622.732 pengguna per harinya. 

"Sedangkan untuk rata-rata pengguna minggu lalu sebanyak 560.715 pengguna per hari. KAI Commuter juga mencatat pengguna KRL Jabodetabek tertinggi pada Senin (25/4), lalu yaitu sebanyak 650.029 pengguna," sambung Anne. 

Baca Juga:
Pelaku Pelecehan Seksual di KRL Ditetapkan Tersangka, Terancam 5 Tahun Penjara

Dikatakan untuk stasiun dengan volume penumpang tertinggi yaitu Stasiun Tanah Abang dengan rata-rata pengguna selama satu pekan terakhir sebanyak 44.721 pengguna. 

"Data tersebut lebih besar 9% dibandingkan dengan rata-rata pengguna pada minggu lalu yaitu sebanyak 41.161 pengguna," terang Anne. 

Baca Juga:
Operasi KRL Berubah Khusus Rabu Malam 28 September, Banyak Perjalanan Dibatalkan, Ini Jadwal Terbarunya!

KAI Commuter juga mencatat, stasiun-stasiun transit pengguna KA Lokal seperti Stasiun Rangkasbitung dan Stasiun Cikarang juga mengalami tren kanaikan. 

Volume pengguna KRL di Stasiun Rangkasbitung pada pekan ini, rata-rata pengguna sebanyak 8.311 atau naik sebanyak 38% dari rata-rata volume harian pengguna pada pekan sebelumnya yaitu sebanyak 6.017 penumpang tiap harinya. 

"Di Stasiun Cikarang rata-rata pengguna KRL juga mengalami kenaikan, pada pekan ini rata-rata volume pengguna perhari sebanyak 10.139 pengguna atau naik 12% dari minggu sebelumnya yaitu sebanyak 9.091 pengguna tiap harinya," sebut Anne. 

Sementara itu, tren pengguna KRL Yogyakarta-Solo dalam sepekan terakhir ini juga mengalami kenaikan sebesar 4% atau rata-rata pengguna sebanyak 8.015 pengguna per hari. Sedangkan rata-rata pengguna pekan sebelumnya sebanyak 7.743 pengguna per hari. 

Untuk mengantisipasi kenaikan pengguna KRL Yogyakarta-Solo, selama angkutan lebaran ini KAI Commuter mengoperasikan 24 perjalanan KRL tiap harinya yang pada hari biasa hanya mengoperasikan 20 perjalanan KRL tiap harinya.(fhm)