KAI Commuter Siapkan Fasilitas Pelayanan Tambahan di Stasiun KRL Selama Lebaran

  • Oleh : Fahmi

Senin, 02/Mei/2022 04:55 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Dalam menghadapi waktu lebaran tahun ini, KAI Commuter melakukan antisipasi kemungkinan bertambahnya penumpang KRL di sejumlah stasiun-stasiun ramai melalui penambahan fasilitas maupun petugas untuk pelayanan dan keselamatan. 

"Khusus di waktu lebaran hingga tujuh hari setelah lebaran, KAI Commuter akan menambah fasilitas pelayanan yaitu tenda tambahan untuk tempat tunggu pengguna saat akan masuk ke area stasiun," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Ahad. 

Baca Juga:
Siap Beroperasi, Harga Tiket Kereta Api Maros-Barru Rp 10 Ribu

Disebutkan, Stasiun Rangkasbitung, KAI Commuter akan menyediakan 2 buah tenda dengan ukuran masing-masing panjang 6 meter x lebar 4 meter yang ditempatkan di hall pintu masuk pengguna KA Lokal. Untuk tenda tambahan yang lain dengan ukuran 6 meter x 8 meter ditempatkan di hall pintu masuk KRL. 

Sementara itu, KAI Commuter juga menyediakan 2 buah tenda tambahan di area Stasiun Bekasi yang ditempatkan di depan eskalator pintu masuk sisi selatan stasiun dengan ukuran 12 meter x 10 meter serta pada selasar pintu masuk selatan stasiun dengan ukuran 14,3 meter x 4,4 meter. 

Baca Juga:
Kakek Sumarlin Tertabarak KA Penataran hingga Tewas

Di Stasiun Ancol penambahan fasilitas tenda tambahan ditempatkan di depan hall pintu masuk utama stasiun dengan ukuran tenda 8,8 meter x 4,2 meter. 

"Untuk pengguna yang memanfaatkan liburan lebaran tahun ini untuk mengunjungi tempat hiburan di wilayah Ancol, KAI Commuter juga menyediakan fasilitas tenda tambahan untuk tempat tunggu pengguna," kata Anne.
  
Di stasiun Bogor juga disediakan fasilitas tenda tambahan sebanyak 2 buah yang ditempatkan di hall utama stasiun dengan ukuran 18 meter x 10 meter. Fasilitas temda tambahan juga ditempatkan di hall arah Alun-alun Kota Bogor dengan ukuran 14,3 meter x 4,4 meter. 

Baca Juga:
Viral Penumpang KA Keluhkan Kursi yang Mentok Kaki dan Menyiksa, Ini Tanggapan KAI

Khusus di Stasiun Bogor, KAI Commuter juga merekayasa alur pengguna yang akan keluar dan masuk ke stasiun. Mulai Senin - Minggu (2-8 Mei 2022) pintu keluar dan masuk stasiun dari arah hall arah Alun-alun Kota Bogor akan dioperasikan khusus untuk pelayanan keluar (Gate-Out) pengguna saja. Pada masa tersebut, pengguna KRL yang akan naik dari Stasiun Bogor bisa melalui pintu masuk (Gate-In) hall utama stasiun di Jl. Mayor Oking. Akses keluar pada hall utama stasiun juga tetep normal melayani keluar (Gate-Out) pengguna. 

Sebagai informasi, selama masa angkutan lebaran (22-30/4), KAI Commuter telah melayani 4.898.771 pengguna KRL di wilayah Jabodetabek atau rata-rata perhari sebanyak 544.301 pengguna. KAI Commuter mencatat selama masa angkutan lebaran, volume pengguna KRL Jabodetabek tertinggi yaitu sebanyak 650.029 pengguna. Sedangkan stasiun dengan volume pengguna terbanyak, selama masa angkutan lebaran (22-30/4), yaitu Stasiun Tanah Abang dengan total volume sebanyak 373.451 pengguna atau rata-rata 41.495 pengguna per hari. 

Fasilitas-fasilitas pelayanan tambahan lainnya yang disediakan KAI Commuter selama lebaran ini seperti 22 buah kipas kabut yang ditempatkan di tenda tambahan, tiang dan rantai railing untuk pengaturan alur pengguna 7 loket portabel dan penambahan petugas dan failitas pelayanan di stasiun-stasiun tersebut.   

KAI Commuter selama masa angkutan lebaran tetap mengoperasikan 1.053 perjalanan KRL dengan waktu operasional pukul 04.00 -24.00 WIB. KAI Commuter juga masih memberlakukan pembatasan kuota pengguna sebanyak 60%, syarat vaksinasi dengan menunjukkan sertifikat vaksin atau melalui aplikasi Peduli Lindungi sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan No. 39 Tahun 2022. KAI Commuter terus mengajak seluruh masyarakat yang akan bepergian menggunakan KRL khususnya di masa angkutan Lebaran ini dapat mengatur perjalanannya dengan menghindari waktu yang berpotensi menimbulkan kepadatan dengan mengakses KRL Access. 

KAI Commuter mengajak dalam melakukan transaksi pembayaran tiket KRL gunakan KMT atau kartu uang elektronik bank agar terhindar dari antrean di stasiun. Pastikan saldonya tersedia untuk melakukan transaksi pembayaran tiket serta manfaatkan fitur NFC di aplikasi KRL Access untuk mengecek saldo KMT. Segera ikuti vaksinasi booster sehingga aman saat bersilaturahmi bersama keluarga serta terhindar dari penularan Covid-19. Tetap disiplin protokol kesehatan agar mudik aman dan sehat.(fhm)