Wow, hingga Lebaran Hari Kedua Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Angkasa Pura II Tembus 2,13 Juta

  • Oleh : Naomy

Rabu, 04/Mei/2022 10:36 WIB
Menhub saat sambangi penumpang di Bandara Soekarno+Hatta Menhub saat sambangi penumpang di Bandara Soekarno+Hatta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Wow, penyelenggaraan angkutan lebaran 2022 di seluruh bandara PT Angkasa Pura II berjalan lancar. 

Selama 12 hari atau dari H-10 hingga Lebaran hari kedua (22 April - 3 Mei), jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai 2,13 juta orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 17.477 penerbangan.

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah pergerakan penumpang periode tersebut tercatat 1,36 juta orang dengan pergerakan pesawat mencapai 10.989 penerbangan. 

Adapun lima besar destinasi dari Bandara Soekarno-Hatta pada 22 April - 4 Mei adalah ke Denpasar, Medan, Makassar, Surabaya dan Pontianak. 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, angkutan lebaran 2022 menjadi tantangan bagi AP II dan stakeholder karena dua tahun sebelumnya tidak ada penyelenggaraan angleb sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

AP II dan stakeholder dapat berkolaborasi sehingga pelaksanaan arus mudik dapat berjalan dengan lancar dan kini bersiap menyambut arus balik," katanya, Rabu (4/5/2022). 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 7,4 Juta Penumpang selama Angkutan Lebaran

Kolaborasi yang erat antara AP II, regulator, maskapai, ground handling, penyedia jasa navigasi penerbangan, TNI dan Polri, serta pemangku kepentingan lainnya menjadi faktor kesuksesan seluruh bandara AP II dapat melayani pemudik dengan baik. 

"Kami bersyukur penyelenggaraan angleb 2022 sejauh ini berjalan dengan baik di bandara AP II,” ujar Awaluddin.

Realisasi dari kolaborasi di antara stakeholder bandara AP II adalah penyesuaian pola operasional bandara dan maskapai, pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi pergerakan pesawat di sisi udara (airside) bandara, kecepatan dan ketepatan penanganan penumpang di terminal, serta optimalisasi ground handling. 

“Melalui kolaborasi tersebut, kami dapat mengakomodir tingginya permintaan pada angleb 2022 dengan tetap memerhatikan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan, meskipun jumlah sarana tidak sebanyak saat kondisi normal sebelum adanya pandemi Covid-19,” bebernya.

Lancarnya penyelenggaraan angleb 2022 di bandara AP II tidak lepas dari komitmen seluruh staf bandara AP II, yang pada awal periode angleb 2022 mendapat arahan dan semangat langsung dari Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri BUMN pada 26 April menggelar fire briefing kepada ratusan personel di Bandara Soekarno-Hatta guna mensukseskan angleb.

“Saya ingin memastikan kita semua harus kembali siap. Siap dalam menghadapi mudik, kita memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan keluarga kita yang akan mudik,” ujar Menteri BUMN saat itu.

Upaya bersama mewujudkan kelancaran angleb 2022 di Bandara Soekarno-Hatta juga mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Saat melakukan inspeksi di Bandara Soekarno-Hatta pada arus mudik, Menhub menuturkan operator bandara, operator sarana dan navigasi penerbangan sangat kompak dalam berkolaborasi sehingga mampu memenuhi permintaan.

“Dengan jumlah sarana yang lebih sedikit, tetapi bisa menciptakan pergerakan yang banyak,” ujar Menhub.  (ony)