Kemudi Kapal ke Pulau Pramuka Rusak, 140 Penumpang Dievakuasi

  • Oleh : Taryani

Rabu, 04/Mei/2022 20:55 WIB
Penumpang Kapal KM Bina Karya di Dermaga Pelabuhan Kali Adem, Jakarta. (Foto:Kompas.com) Penumpang Kapal KM Bina Karya di Dermaga Pelabuhan Kali Adem, Jakarta. (Foto:Kompas.com)

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Kapal motor (KM) Bina Karya mengalami kerusakan di bagian kemudi saat berlayar menuju ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Rabu (4/5/2022).  Sebanyak 140 penumpang di kapal tersebut dievakuasi.

Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa Kompol Seto Handoko Putra mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB.

"KM Bina Karya yang berangkat dari dermaga Kali Adem tujuan Pulau Pramuka dengan jumlah penumpang 140 orang mengalami kerusakan kemudi di sekitar Pulau G," kata Seto dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Disampaikan Seto, kapal langsung dievakuasi dan ditarik kembali menuju ke dermaga Kali Adem. Proses evakuasi itu dilakukan menggunakan kapal kerja milik Dinas Perhubungan DKI.

Setibanya di dermaga Kali Adem, kata Seto, langsung dilakukan perbaikan terhadap KM Bina Karya tersebut. Setelah selesai, kapal kembali berlayar ke Pulau Pramuka dengan membawa 140 penumpang.

"Setelah kapal KM Bina Karya selesai diperbaiki, para penumpang kembali menaiki kapal KM Bina Karya untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Pramuka," katanya.

Seto menuturkan kejadian tersebut berpotensi berdampak pada penumpukan penumpang di dermaga Kali Adem yang akan pergi ke Kepulauan Seribu.

"Dimungkinkan akan terjadi penumpukan penumpang karena tingginya antusias warga untuk berwisata ke Pulau Seribu," ujar Seto.

Lebih lanjut, Seto mengatakan pihaknya terus melakukan monitoring untuk memastikan situasi tetap kondusif di tengah meningkatnya jumlah warga yang akan berwisata ke Pulau Seribu. (tr/Sumber:CNN Indonesia)