Sukseskan Program TMMD ke-113 di Purwakarta, STP Bangun Kolam Bioflok dan Fasilitas Sanitasi

  • Oleh : Ahmad

Kamis, 12/Mei/2022 17:11 WIB
foto:istimewa foto:istimewa

PURWAKARTA (BeritaTrans.com) – PT Suri Tani Pemuka (STP), anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) turut ambil bagian dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 yang resmi dibuka kemarin oleh Bupati Purwakarta, , Rabu (12/5/2022)

Dalam program yang dinisisasi oleh Kodim 0619 Purwakarta ini, unit usaha STP Purwakarta membangun kolam bioflok dan fasilitas sanitasi dengan akses air bersih di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:
Korem 174/ATW Ikut Penanaman Pohon Secara Serentak Dan Peringatan Hari Air Dunia Ke-30 Tahun 2022

Letkol Arm Krisrantau Hermawan selaku Komandan Kodim 0619 Purwakarta, mengungkapkan, “Untuk mewujudkan Indonesia tangguh, kolaborasi diperlukan tidak hanya dengan perangkat daerah dan masyarakat, melainkan juga dukungan sektor swasta agar dapat mempercepat pembangunan di daerah. Karenanya, kami sangat mengapresiasi kontribusi dari PT Suri Tani Pemuka dalam rangka menyukseskan program TMMD ini", dalam siaran pers yang diterima BeritaTrans.com.

Aminto Nugroho, Head of Unit Pabrik Pakan Ikan dan Udang STP Purwakarta menyampaikan “Sebagai perusahaan akuakultur yang mengedepankan budidaya perairan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, STP membangun kolam bioflok yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk budidaya ikan secara berkelanjutan. Tidak hanya itu, kami juga berkomitmen memberikan arahan dan pendampingan teknis kepada masyarakat selama satu siklus budidaya”.

Baca Juga:
Cegah Karhutla Meluas, TNI-Polri dan Manggala Agni Bersinergi Laksanakan Patroli Terpadu

Teknik budidaya bioflok belakangan kian digemari bahkan dapat diterapkan di skala rumah tangga. Hal ini disebabkan teknik budidaya ini tidak memerlukan lahan yang besar, namun memiliki produktivitas yang tinggi. Keunggulan lain yang dimiliki bioflok ini ialah pergantian air yang sangat minim sehingga pemeliharaannya cukup mudah. Hal ini juga berpengaruh terhadap konservasi air, mengingat masih minimnya akses terhadap air bersih di lokasi sasaran.

“Demi memudahkan akses air bersih serta fasilitas sanitasi warga setempat, kami juga telah membangun fasilitas MCK (Mandi Cuci Kakus). Fasilitas MCK tersebut akan dilengkapi dengan akses air bersih”, imbuhnya.

Program TMMD merupakan salah satu Nawacita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Program tersebut diwujudkan dalam bentuk kolaborasi TNI bersama rakyat bekerjasama dengan lintas sektoral di tingkat daerah, khususnya di lokasi-lokasi terpencil yang berada di pelosok tanah air.

Program TMMD yang bertujuan mempercepat pembangunan yang layak bagi masyarakat ini akan berlangsung selama kurang lebih 1 bulan. Berbagai bantuan infrastruktur serta fasilitas kebersihan dan sanitasi baik berupa bangunan fisik dan non-fisik telah dilakukan. Sejalan dengan nilai JAPFA, Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama, harapannya dengan bantuan yang diberikan oleh STP, maka perekonomian masyarakat di wilayah tersebut turut membaik.(ahmad)