Suhu Panas, Ini Solusi Parkir Aman Buat Kendaraan Anda

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 13/Mei/2022 13:53 WIB
Baseman salah satu tempat parkir yang aman bagi kendaraan Anda menghindari paparan langsung terik matahari. (Foto:Ist.) Baseman salah satu tempat parkir yang aman bagi kendaraan Anda menghindari paparan langsung terik matahari. (Foto:Ist.)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pengemudi sebaiknya menghindari lokasi parkir terbuka selama periode suhu panas yang melanda sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut catatan BMKG, suhu panas maksimum di Indonesia selama 1-7 Mei yakni hingga 36,1 derajat celsius. Ciputat di Tangerang Selatan disebut wilayah terpanas di Jabodetabek.

Suhu panas seperti itu dipahami dapat membuat kabin mobil menjadi lebih cepat panas. Apalagi jika dibiarkan parkir langsung di bawah terik matahari. Ini akan membuat kabin menjadi seperti rumah kaca.

Ada tips buat para pengemudi menghindari mobil parkir terpanggang matahari dengan suhu yang lagi panas-panasnya seperti belakangan ini.

Bawah Pohon

Kunci utama agar mobil Anda tidak berisiko terpanggang yaitu tidak parkir langsung tersorot terik matahari. Anda dapat mencari lokasi parkir yang rindang oleh pepohonan agar mobil terlindungi.

Hal ini cukup membantu sebab mobil Anda tidak akan tersengat matahari secara langsung.

Tapi memarkir di bawah rindangnya pohon juga punya catatan. Perhatikan kondisi sekitar, apakah pohon tersebut rentan tumbang atau bisa patah saat angin sedang kencang.

Perlu dipahami juga, parkir di bawah pohon memungkinkan mobil Anda terkena tumpahan sampah dari daun berguguran.

Basement

Lokasi aman berikutnya yakni basement atau tempat parkir di bawah tanah. Banyak orang mungkin malas parkir di basement dengan alasan akses menuju lokasi tersebut sangatlah rumit.

Mulai dari jalur yang sempit, berliku, hingga padat kendaraan lain.

Namun, basement menjadi pilihan tepat untuk mengamankan mobil Anda selama periode suhu panas.

Basement akan melindungi mobil dari terik matahari dan area tersebut telah dirancang khusus untuk 'membuang' panas berlebih dari kendaraan berkat sistem sirkulasi udara.

Sebab itu jika Anda berada di area perkantoran maupun pusat perbelanjaan, ada baiknya mempertimbangkan parkir di basement, bukan area outdoor.

Garasi

Pilihan ketiga yakni garasi pribadi. Jangan malas membawa mobil kesayangan masuk ke dalam garasi rumah Anda.

Parkir di luar rumah, meski cuma sebentar, bukan solusi terbaik karena selain malah jadi terpapar Matahari Anda juga memakan jalan yang berarti mengganggu orang lain. (tr/Sumber:CNNIndonesia)