Tol Pertama Bengkulu Selesai ke Taba Penanjung Cukup 15 Menit

  • Oleh : Taryani

Jum'at, 13/Mei/2022 14:43 WIB
Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu menjadi jalan tol pertama di Bengkulu yang telah rampung dan bisa digunakan masyarakat. (Foto:Antara) Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu menjadi jalan tol pertama di Bengkulu yang telah rampung dan bisa digunakan masyarakat. (Foto:Antara)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu menjadi jalan tol pertama di Bengkulu yang telah rampung dan bisa digunakan masyarakat.  Konstruksi tol Bengkulu saat ini sudah selesai.

"Telah rampung konstruksinya 100 persen dan siap dioperasikan untuk digunakan masyarakat," ungkap Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dalam keterangan resmi, Jumat (13/5/2022).

BPJT menjelaskan tol ini bisa digunakan karena telah lulus Uji Laik Fungsi (ULF) khusus pada 13-14 April 2022. Selain itu, jalan tol tersebut juga sudah dioperasikan secara fungsional untuk mendukung arus mudik selama libur Lebaran 2022.

Dengan adanya jalan tol ini, Taba Penanjung-Bengkulu dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit dengan kecepatan 80 kilometer per jam. Padahal sebelumnya butuh waktu kurang lebih 1 jam dengan jalan nasional.

Sebagai informasi, Tol Taba Penanjung-Bengkulu merupakan Seksi III dari Tol Lubuk Lingau-Bengkulu. Total panjangnya mencapai 95,8 km.

Sementara Seksi I, yaitu Tol Lubuk Lingau-Kepahiang sepanjang 54,5 km dan Seks II Tol Kepahiang-Taba Penanjung 23,7 km. Saat ini kedua seksi masih dalam tahap persiapan.

Tol Taba Penanjung-Bengkulu dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) Tbk sejak 2019. Harapannya, tol ini bisa menghadirkan akses yang terintegrasi dengan Pelabuhan Baai, sehingga bisa meningkatkan konektivitas pariwisata dan ekonomi Bengkulu.

Selain itu, jalan tol ini juga diharapkan bisa memangkas jarak tempuh dan biaya logistik untuk pengiriman antar daerah.

Di sisi lain, jalan tol juga diharapkan bisa menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di sekitar proyek.(tr/Sumber:CNN Indonesia)