Arus Balik di Pelabuhan Kendal Baru Dimulai

  • Oleh : Taryani

Sabtu, 14/Mei/2022 20:42 WIB
Penumpang menaiki KMP Kalibodri di Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah, Jumat (13/5/2022). (Foto:tvonenews.com) Penumpang menaiki KMP Kalibodri di Pelabuhan Kendal, Jawa Tengah, Jumat (13/5/2022). (Foto:tvonenews.com)

KENDAL (BeritaTrans.com) -  Arus balik di Pelabuhan Kendal Jawa Tengah baru terjadi pada pekan kedua Lebaran atau Jumat (13/5/2022).

Ratusan penumpang kapal tujuan Kumai, Kalimantan Tengah tampak memadati pelabuhan dan harus  menunggu cukup  lama untuk bisa naik ke KMP Kalibodri.

Mereka rela mengantre lebih dari 10 jam,  karena terjadi pengunduran waktu keberangkatan kapal, dan sudah memenuhi pelabuhan sejak pukul 05.00 pagi.

Sementara KMP Kalibodri baru diberangkatkan menuju Pelabuhan Kumai Kalimantan Tengah pada sore harinya. Mereka mengantre sejak pagi karena khawatir kehabisan tiket.

Penumpang KMP Kalibodri didominasi pekerja perusahaan kebun kelapa sawit. Mereka memilih berlama-lama mudik di kampung halaman karena tiga tahun tidak bisa mudik Lebaran.

"Libur cuti saya ambil setahun sekali, sehingga saat mudik bisa lebih lama di kampung halaman dan kembali ke Kalimantan tidak harus cepat-cepat," kata Junaidi, penumpang kapal.

Sementara itu Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andi Rahmat mengatakan, lonjakan arus balik di pelabuhan memang baru terjadi pekan ini.

"Diprediksi lonjakan penumpang ini masih akan terjadi hingga pekan depan," kata Andi rahmat, Jumat (13/5/2022).

Dari data di UPTD Pelabuhan Kendal, jumlah penumpang KMP Kalibodri pada Jumat (13/5/2022) sore tadi mencapai 442 orang. Selain itu juga mengangkut belasan truk dan dan alat berat lainnya. (tr/Sumber:tvonenews.com)