Minggu Petang Antrean Kendaraan Capai Belasan Km di Jalur Puncak Cianjur

  • Oleh : Taryani

Minggu, 15/Mei/2022 19:45 WIB
Macet panjang  di Jalur Puncak-Cianjur sejak Minggu pagi (15/5/2022) hinga petang. Pengendara tujuan Bogor diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi. (Foto:ANTARA) Macet panjang di Jalur Puncak-Cianjur sejak Minggu pagi (15/5/2022) hinga petang. Pengendara tujuan Bogor diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi. (Foto:ANTARA)

CIANJUR (BeritaTrans.com) -  Antrean kendaraan yang pajangnya mencapai belasan kilometer Minggu (15/5/2022) terjadi di Jalur Puncak Cianjur menuju Bogor, Jawa Barat.

Antrean kendaraan terlihat mengular hingga di depan Istana Kepresidenan Cipanas. Rekayasa lalu lintas pun dilakukan guna mengurai antrean.

Dilansir dari ANTARA di Cianjur,  hingga Minggu (15/5/2022) petang antrean kendaraan terlihat memanjang hingga Jalan Raya Cugenang Cianjur.

Rekayasa lalu lintas yang dilakukan petugas berupa penyekatan di sejumlah titik seperti pertigaan Pacet hingga Pasekon, Jalan Raya Cipanas hingga pertigaan Hanjawar.

Petugas juga mengarahkan pengendara dengan tujuan Bogor untuk mengambil jalur alternatif agar tidak terjadi macet total di jalur Puncak.

Macet diperngaruhi tingginya volume kendaraan yang melintas dan di dominasi ke tujuan wisata, hotel dan rumah makan.

Sistem satu arah belum dapat dilakukan pada siang hari,  karena volume kendaraan dari kedua arah sama-sama tinggi.

Polres Cianjur berupaya merekayasa lalu lintas untuk mencairkan antrean yang semakin memanjang pada Minggu (15/5/2022) petang.


Kepala Urusan Pembinaan Operasional (KBO) Lalu Lintas Polres Cianjur, Iptu Yudistira mengatakan, rekayasa lalu lintas termasuk penyekatan dilakukan untuk memutus rantai antrean yang terus memanjang sejak siang hingga petang, sambil menunggu sistem satu arah diberlakukan.

"Sifatnya situasional, ketika pendorong dari Polres Bogor sudah dapat dilakukan, sistem satu arah akan diterapkan sebagai solusi terakhir macet di jalur Puncak,” ujarnya.

Namun katanya, sejak pagi hingga petang, arus kendaraan dari kedua arah cukup tinggi, sehingga pihaknya masih menunggu koordinasi.

Selama libur panjang akhir pekan, tutur dia, sistem ganjil genap masih berlaku di jalur Puncak. Hal itu, sebagai upaya menekan tingginya volume kendaraan yang berpotensi menyebabkan macet total. Terutama ketika tempat wisata mulai tutup pada petang hari.

"Untuk kendaraan dari arah Cianjur menuju Puncak sejak siang sudah diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi agar tidak terjebak antrean dengan laju terhenti selama beberapa menit," katanya. (tr/Sumber:ANTARA)