Ditjen Hubdat Hadirkan KMP Bahtera Nusantara 03 untuk Masyarakat Kepri

  • Oleh : Naomy

Rabu, 18/Mei/2022 17:46 WIB
Peluncuran Kapal Penyeberangan di Batam Peluncuran Kapal Penyeberangan di Batam

BATAM (BeritaTrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi meluncurkan kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro 1500 Gross Ton (GT) yang melayani lintas Dompak-Matak-Penagi di Galangan PT Karimun Anugrah Sejati (KAS), Batam, Rabu (18/5/2022) siang.

Baca Juga:
Dirjen Hendro Cek Kesiapan Pelabuhan Penyeberangan Bias Manjul dan Sampalan Bali

"Kita menyiapkan sarana prasarana kapal, karena ini adalah amanat bapak Presiden terkait prasarana untuk daerah 3 TP (tertinggal, terluar, terdepan, dan perbatasan),” ungkap Dirjen Budi.

Menurutnya, kehadiran kapal yang diberi nama KMP. Bahtera Nusantara 03 di wilayah Batam ini dapat mempermudah mobilitas masyarakat yang akan menyeberang serta membuka akses yang lebih luas bahkan hingga ke wilayah di sekitar Batam maupun wilayah di Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya.

Baca Juga:
Bareng ASDP, Kemenhub Sosialisasikan Rencana Pengoperasian Lintas Jangkar-Lembar

“Batam yang berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura juga merupakan prioritas kami untuk memerhatikan pembangunan sarana dan prasarana transportasinya. Dari yang disampaikan Bapak Presiden itu, maka kami secara bertahap sudah mewujudkan semuanya," urainya. 

Pihaknya membangun kapal dan dermaga di sini cukup banyak. Jadi semuanya ini tidak tiba-tiba. Diharapkan ada multiplier effect dari pembangunan kapal ini akan dirasakan masyarakat.

Baca Juga:
Cegah Calo di Angkutan Penyeberangan, Ditjen Hubdat Kembali Ingatkan Penumpang Beli Tiket via Ferizy

Dirjen Budi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) yang telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk membuat KMP. Bahtera Nusantara 03 dan dapat menyelesaikannya tepat waktu. 

“Kiranya kapal ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan tetap mengutamakan aspek keselamatan. Mohon Bapak Gubernur dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau dapat memanfaatkan ini dengan baik. Mudah-mudahan kehadiran kapal ini memberikan manfaat besar terutama dalam hal pemerataan, kesejahteraan, dan ekonomi masyarakat," tutur dia.

Pihaknya juga berterimakasih kepada Cen Sui Lan sebagai partner dalam bekerja dan menyalurkan aspirasi masyarakat sehingga ini semua dapat terwujud, maupun PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) untuk pendampingan sehingga kapal ini dapat selesai tepat waktu.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) Junaidi menyatakan dalam laporannya bahwa acara peluncuran ini merupakan perwujudan komitmen pemerintah untuk selalu memberikan kemudahan aksesibilitas bagi pelaksanaan pembangunan daerah terutama di wilayah–wilayah.

"Sebagaimana misi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yaitu menciptakan sistem pelayanan transportasi darat yang aman, selamat, dan mampu menjangkau masyarakat dan wilayah Indonesia,” kata Junaidi.

Menurutnya, dalam Tahun Anggaran 2022 ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Satker Direktorat Transportasi Sungai, Danau,
dan Penyeberangan melaksanakan penyelesaian pembangunan kapal penyeberangan sebanyak dua unit kapal penyeberangan.

Adapun spesifikasi teknis KMP. Bahtera Nusantara 03 ini yaitu panjang keseluruhan 71,92 m, lebar: 14 m, tinggi: 4,6 m, kecepatan dinas: 15 knot.

“Kapal ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang dan ABK 24 orang, serta kendaraan 14 unit truk besar, 12 unit truk sedang, dan 10 unit kendaraan roda 4,” pungkas Junaidi.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu anggota Komisi V DPR-RI Cen Sui Lan, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau Lucky Prawira, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau Junaidi, SGM PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Region Sumatera dan GM ASDP Cabang Batam, perwakilan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), serta Direksi PT. Karimun Anugerah Sejati beserta seluruh jajaran. (omy)