Dubes RI di Bangkok Pesan Ini Kepada Tiga Pesepeda Asal Indonesia Tujuan Mekkah

  • Oleh : Taryani

Sabtu, 21/Mei/2022 10:28 WIB
Ilustrasi tiga pesepeda Indonesia tujuan Mekkah sedang mengayuh sepeda di jalan.  (Foto:tvonenews.com) Ilustrasi tiga pesepeda Indonesia tujuan Mekkah sedang mengayuh sepeda di jalan. (Foto:tvonenews.com)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Tiga pesepeda asal Indonesia yang akan menuju ke Mekkah, Arab Saudi, singgah di KBRI Bangkok, Thailand pada Jumat (20/5/2022).

Ketiga pesepeda tersebut yaitu Andi Harvin (27), Chairul Ma’atini (27), dan Muhammad Fauzan (28) diterima Duta Besar RI untuk Thailand,  Rachmat Budiman bersama sejumlah pejabat KBRI Bangkok dan komunitas sepeda Indonesia di Bangkok.

Dalam keterangan tertulis KBRI Bangkok disebutkan, ketiga pesepeda itu menuturkan kisah mereka memasuki wilayah Thailand dari jalur Thailand selatan dengan jarak tempuh harian bersepeda rata-rata 50 km/hari.

Kecuali pada malam menjelang ketibaan di Bangkok jarak yang ditempuh adalah 190 km/hari.

Andi Harvin bersama Chairul telah meninggalkan kampung halamannya di Gorontalo sejak Juni tahun lalu, sementara Fauzan dari Magelang baru bergabung sejak November 2021.

Ketiganya telah melintasi Malaysia sejak 27 April 2022 dan satu bulan sebelumnya berada di Singapura.

Dalam dialog dengan Dubes Rachmat, ketiganya menuturkan keinginan mereka untuk dapat tiba di Mekkah guna menunaikan ibadah haji.

Sebelum dan selama perjalanan, mereka selalu berkomunikasi dengan komunitas sepeda di negara setempat juga berkoordinasi dengan rekan-rekan mereka di Tanah Air mengenai rute perjalanan dan pengurusan dokumen perjalanan.

Dalam hal ini, Dubes Rachmat menekankan pentingnya menjaga tidak hanya kesehatan fisik melainkan juga kesehatan mental dan persiapan perjalanan yang baik. Termasuk penguasaan medan tempuh agar perjalanan dapat berjalan baik.

Di samping itu juga ditekankan pentingnya memastikan kelengkapan dokumen-dokumen yang diperlukan agar perjalanan lintas negara berjalan dengan lancar.

Tim pesepeda ini berencana akan berada di Bangkok selama satu minggu untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Myanmar dan India.

Selama berada di Bangkok, tim akan melakukan berbagai kegiatan dengan komunitas sepeda Indonesia di Bangkok.(tr/Sumber:tvonenews.com)