Pelatihan Keterampilan Pengawas: Membangun Kepercayaan dan Kredibilitas untuk Seorang Pemimpin Bagi Taruna Dewasa STIP Jakarta

  • Oleh : Ahmad

Senin, 23/Mei/2022 11:19 WIB
foto:istimewa/intagram@stip_jakarta foto:istimewa/[email protected]_jakarta

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pembentukan karakter taruna yang menitikberatkan pada pembentukan soft skill kompetensi dilaksanakan secara terpadu, terstruktur dan terencana melalui metode pengasuhan.

Baca Juga:
Peringati International Day Of The Seafarer tahun 2022, BPSDM Perhubungan Ajak Taruna Berlayar, Belajar dan Menebar Manfaat

Kegiatan pengasuhan diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang suportif, menumbuhkan semangat belajar dan kebersamaan serta membantu proses penyesuaian diri dengan pola pendidikan asrama.

Kegiatan pengasuhan selain dilaksanakan oleh para pengasuh langsung dan pengasuh tidak langsung, juga dapat dengan melibatkan kakak kelas atau taruna dewasa dengan pola kakak asuh.

Baca Juga:
Gerakan Serentak Bersihkan Lingkungan dan Tanam Pohon untuk Indonesia

Untuk itu diperlukan kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan taruna dewasa sebagai Kakak Asuh. Salah satunya melalui kegiatan 'Supervisory Skill Training: Building Trust and Credibility for a Leader' bagi taruna dewasa yang dilaksanakan oleh Pusat Pembangunan Karakter STIP Jakarta pada hari Minggu, 22 Mei 2022 bertempat di Auditorium STIP, seperti dikutip dalam [email protected]_jakarta, Senin (23/5/2022).

Baca Juga:
STIP Buka Pendaftaran Gelombang Kedua, Catat Tanggalnya yaa!

Pembantu Ketua III STIP, Capt. Renta N Siahaan dalam arahannya menekankan bahwa optimalisasi peran taruna dewasa sebagai kakak asuh diharapkan dapat membentuk pola hubungan yang bersifat patnership dengan berlandaskan hubungan asah, asih, dan asuh. 

Kakak Asuh akan berperan sebagai mentor dan motivator yang akan mendampingi dan membangun peta hidup adik asuh/adik tingkat hingga berhasil melewati tantangan setiap tahap.

Kegiatan ini dipandu oleh Bpk. Adri Kurniawan, S.Psi., CHRM, CHt, MM, Psi beserta fasilitator serta diidampingi oleh Tim Unit Psikologi STIP.

Sebanyak 104 peserta taruna dewasa semester 7 terlihat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga berakhir pukul 17.00 WIB.
Semoga kegiatan ini menjadi bekal berharga bagi taruna dewasa semester 7 dalam menjalankan tugasnya sebagai kakak asuh.(ahmad)

Tags :