KAI Commuter Terus Lakukan Sosialisasi Perubahan Pola Operasi KRL di Manggarai, Penumpang Harus Perhatikan Ini!

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 24/Mei/2022 17:32 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Terkait rencana pelaksanaan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) khusus KRL yang baru dan pelaksanaan Switch Over (SO)-5 Stasiun Manggarai pada 28 Mei 2022 mendatang, KAI Commuter terus lakukan sosialisasi secara masif untuk menyampaikan informasi perubahan-perubahan dan penyesuaian pola operasi tersebut. 

Seperti diketahui bersama, sebelumnya Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) dan KAI Commuter akan melakukan penyesuaian pola operasi terkait perubahan GAPEKA dan melaksanakan kegiatan Switch Over (SO)-5 Manggarai yang akan berpengaruh dengan penyesuaian pelayanan kepada pengguna KRL khusunya di Stasiun Manggarai. 

Baca Juga:
KAI Kerja Sama dengan Berhad Malaysia untuk Persiapkan SDM LRT Jabodebek

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, SO tersebut nantinya juga akan mengatur dan mengubah operasional jalur KRL. 

"Perubahan pola operasi tersebut akan mengatur perjalanan KRL Lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo – Jakarta Kota PP via Stasiun Manggarai yang sebelumnya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo – Angke/Jatenegara (Loop line)," ujar Anne, Selasa (24/5/2022). 

Baca Juga:
Penumpang KA Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen Meningkat Saat Libur Sekolah dan Masuki Idul Adha

Anne melanjutkan, pada Lintas Bogor jumlah frekuensi perjalanan sebanyak 406 perjalanan per hari, dengan penomoran perjalanan KRL relasi Bogor/Depok – Jakarta Kota PP yaitu 4000 – 4499 dan perjalanan KRL relasi Nambo-Jakarta Kota PP yaitu dengan nomor perjalanan 4500 – 4999. 

"Pelayanan naik turun pengguna pada lintas ini juga seluruhnya akan dilayani di peron jalur 10, 11, 12, dan 13 Stasiun Manggarai. Untuk pengguna yang akan menuju ke arah Tanah Abang, Kampung Bandan, Jatinegara, Bekasi atau Cikarang harus transit di Stasiun Manggarai," sebut Anne. 

Baca Juga:
Balai Pengelola Kereta Api Sulsel Gelar Railway Trail Run 2022

Sedangkan perubahan pada pola operasi perjalanan KRL Lintas Cikarang/Bekasi akan melayani dengan dua skema operasi yang jumlah frekuensi perjalanannya sebanyak 246 perjalanan per hari, yaitu sebagai berikut:
1.Full Racket (Looping)
i.Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang, dengan penomoran perjalanan yaitu mulai 5500 – 5999.
ii.Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang, dengan penomoran perjalanan mulai 6000. 

2.Half Racket
i.Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP)
ii.Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP). Pada skema haft racket seluruh penomoran perjalannya mulai 5000 – 5499. 

Nantinya seluruh pelayanan naik/turun pengguna akan dilayani di peron jalur 6 dan 7. Untuk pengguna yang akan menuju ke arah Jakarta Kota, Depok, Bogor, atau Nambo harus transit di Stasiun Manggarai. 

Sedangkan untuk pelayanan perjalanan KRL lintas Tanjung Priok akan menambah dua perjalanan menjadi 76 perjalanan tiap harinya. Sementara itu perjalanan KRL Lintas Tangerang dan Lintas Rangkasbitung tidak mengalami perubahan yaitu masing-masing perjalanan tiap lintasnya sebanyak 108 perjalanan dan 218 perjalanan per hari. Pada pemberlakuan perubahan pola operasi ini, KAI Commuter menjalankan 1.054 perjalanan KRL mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB dengan mengoperasikan 94 rangkaian KRL per hari.
  
Dalam persiapan perubahan pola operasi perjalanan KRL ini, KAI Commuter juga telah melakukan sosialisasi melalui pengumuman secara aktif yang diinformasikan oleh petugas announcer di stasiun maupun Petugas Pelayanan KRL di dalam perjalanan KRL sejak Ahad (22/5) lalu. Sosialisasi melalui pemasangan spanduk akan dilakukan pada Selasa sore ini (24/5). 

Penambahan railing pembatas, penambahan marka antrean, dan penambahan signage pelayanan pengguna juga sudah mulai dipasang dan secara bertahap akan terus dilengkapi. Jadwal perjalanan KRL juga akan dibagikan kepada pengguna. 

"KAI Commuter terus mengimbau kepada seluruh pengguna untuk menyesuaikan kembali rencana perjalanannya sesuai dengan pola operasi perjalanan KRL yang baru. Informasi jadwal terbaru, posisi kereta dan pantauan kepadatan distasiun dapat dilihat di website www.krl.co.id serta bisa melalui Aplikasi KRL Access," pungkas Anne.(fhm)