ASDEKI Kepri Minta Pemerintah Jaga Momentum Menggeliatnya Aktifitas Bongkar Muat

  • Oleh : Taryani

Selasa, 24/Mei/2022 19:48 WIB
Sekretaris Asosiasi Depo Kontainer Indonesia Kepri, Delfian Hertinus. (Foto:Antara) Sekretaris Asosiasi Depo Kontainer Indonesia Kepri, Delfian Hertinus. (Foto:Antara)

KEPRI (BeritaTrans.com) – Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI) mendukung ketersediaan kontainer demi kelancaran perdagangan di tengah pemulihan ekonomi, baik di tingkat regional maupun internasional.

Hal tersebut diungkapkan Delfian Hertinus,  Sekretaris Asosiasi Depo Kontainer Indonesia di Kepulauan Riau saat diskusi di salah satu kafe di Bengkong, Kota Batam.

Ia mengatakan, penyediaan kontainer merupakan sektor vital bagi perdagangan barang. Hal itu mengingat Kepulauan Riau merupakan wilayah strategis yang berbatasan langsung dengan jalur perdagangan internasional.

Delfian berharap ketersediaan kontainer kemudahan perdagangan maupun keterjangkauan harga bongkar muat.

Pada bulan Juni 2021 sempat terjadi lonjakan harga sewa kontainer dan biaya bongkar muat. Ini  akibat terjadinya kelangkaan kontainer yang akan digunakan oleh pengusaha.

Kelangkaan kontainer itu sebagai dampak terjadinya  penumpukan kontainer di beberapa negara karena  kebijakan lockdown guna mengatasi pandemi Covid-19.

“Saat ini kondisi sudah berangsur membaik,  walaupun belum normal seperti sebelum pandemi. Di sisi lain proses bongkar muat dan sewa kontainer di Kepri relatif murah,  jika dibanding wilayah lain di Indonesia termasuk ketepatan waktu kirimnya,” ungkap Delfian.

“Kami dari pelaku usaha senantiasa mendukung upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

Ia berharap kondisi akan semakin membaik,  seiring terkendalinya Covid-19 dan pemerintah mampu menjaga iklim investasi serta daya beli masyarakat sehingga perdagangan antar pulau dan antar negara kembali bergeliat,  pungkas Delfian. (tr/Sumber:Antara)