Capt. Weku: Ayo Keluarkan Kemampuan Terbaik dalam Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut

  • Oleh : Naomy

Rabu, 25/Mei/2022 13:03 WIB
Tanle Top Regional Marpolex Tanle Top Regional Marpolex

MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Capt  Weku Frederick Karuntu mengajak semua pihak yang terlibat dalam kegiatan Regional Marpolex untuk mengeluarkan kemampuan terbaik, khususnya dalam hal penanggulangan musibah tumpahan minyak di laut. 

“Regional Marpolex 2022 ini adalah wadah untuk berbagi pengalaman dan kemampuan terbaik dalam melaksanakan operasi penanggulangan tumpahan minyak di laut. Saya harap kesempatan ini juga dapat digunakan sebagai ajang untuk menunjukkan kompetensi dan kemampuan personel Coast Guard Indonesia, tidak hanya di mata Filipina dan Jepang, namun juga di mata dunia,” ujarnya dalam pembukaan Tabletop Exercise dalam rangkaian Regional Marpolex di Makassar, Rabu (25/4/2022).

Baca Juga:
Kemenhub Gelar Workshop Penanganan Muatan Barang Berbahaya dan Curah Padat

Lebih lanjut, Capt. Weku berharap Regional Marpolex 2022, yang kembali dilaksanakan secara luring setelah mewabahnya Pandemi Covid-19, dapat menjadi awal baru untuk dapat melaksanakan latihan-latihan yang lebih besar dan lebih baik lagi.

Baca Juga:
Gandeng Polairud, Kemenhub Tingkatkan Keterampilan Menembak Awak Kapal Negara

Exercise Co-Director Filipina, CG RADM Robert N Patrimonio, mewakili Delegasi Filipina menyampaikan terima kasih atas sambutan dan hospitality Indonesia terhadap delegasi Filipina dan Jepang. 

RADM Patriomonio menyatakan bahwa delegasi Filipina sangat bersemangat menyambut Latihan Basah yang akan dilaksanakan besok, dan berharap tabletop exercise hari ini dapat mengidentifikasi semua skenario yang ada sehingga Latihan Basah dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga:
Indonesia Sebut Peningkatan Perekonomian dan Kapasitas SDM jadi Fokus dalam Bahasan 53rd ASEAN STOM

“Kami berharap tabletop exercise hari ini dapat menjadi panduan terhadap interpretasi dan kendala bahasa yang ada di antara tiga negara," katanya. 

Kegiatan ini merupakan wujud upaya yang dilaksanakan ketiga negara untuk saling kolaborasi dan harmonisasi sumber daya masing-masing dalam mengatasi musibah tumpahan minyak. 

"Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi wadah untuk terus memperbaharui kerjasama yang sudah berlangsung sejak tahun 1986,” ujarnya.

Sedangkan Exercise Co-Director Jepang, RADM Hashimoto Masanori, menyampaikan rasa bangganya dapat mewakili Jepang dalam kegiatan Marpolex 2022 dan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan Filipina atas upaya baiknya mempersiapkan event besar ini.

"Regional Marpolex 2022 merupakan wujud komitmen Indonesia, Filipina dan JEpang dalam melindungi lingkungan maritim dan mengembangkan kemampuan personil dalam merespons musibah tumpahan minyak," ungkapnya. 

Oleh karena itu, Jepang akan mengeluarkan kemampuan terbaik dalam latihan bersama ini.

"Semoga tabletop yang dilaksanakan pada pagi ini dapat mempersiapkan dan mendukung pelaksanaan latihan basah di laut sehingga dapat berjalan dengan lancar,” tutupnya. (omy)