SO 5 Stasiun Manggarai, Penumpang Tidak Perlu Seberangi Peron Lagi

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 25/Mei/2022 19:39 WIB
Stasiun Manggarai saat ini sebelum dilakukan SO 5.(Ist) Stasiun Manggarai saat ini sebelum dilakukan SO 5.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sosialisasi terhadap persiapan Switch Over 5 Stasiun Manggarai terus digaungkan. Kegiatan tersebut guna untuk meningkatkan atau pergantian persinyalan KRL di stasiun tersebut yang dimulai pada Sabtu (28/5/2022). 

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, perubahan jalur di stasiun tersebut akan memudahkan pengguna dan juga mengutamakan faktor keselamatan. 

Baca Juga:
KAI Ajak Masyarakat Kenali Bengkel Kereta Api Balai Yasa Manggarai

"Nantinya di SO 5 ini, enggak ada lagi penumpang transit atau naik kereta akan menyeberangi peron. Penumpang akan bisa berganti kereta naik lif, eskalator atau tangga manual," ujar Anne di acara ngobrol bareng komunitas di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Rabu (25/5/2022). 

"Ini untuk keselamatan kita semuanya," sambung Anne. 

Baca Juga:
Seluruh Stasiun KRL Wajib Uang Elektronik, Penumpang Bayar Pakai QR Code Masih 2%

Anne menjelaskan, nantinya hanya diaktifkan untuk naik KRL di stasiun tersebut adalah jalur 6,7 di lantai dasar dengan satu peron di lantai satu dan juga jalur 10, 11, 12 dan 13 di lantai tiga. Tempat tersebut juga terhubung di satu gedung baru. 

Perubahan pola operasi tersebut akan mengatur perjalanan KRL Lintas Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo – Jakarta Kota PP via Stasiun Manggarai. Relasi Bogor/Depok/Nambo yang tidak lagi melayani ke arah Angke/Jatenegara. 

Baca Juga:
Antrean Penumpang KRL Senin Pagi Kondusif, Stasiun Ramai di Jam Ini

Untuk pengguna yang akan menuju ke arah Tanah Abang, Kampung Bandan, Jatinegara, Bekasi atau Cikarang harus transit di Stasiun Manggarai. 

Dikatakan juga, Headway perjalanan KRL Manggarai-JakartaKota lima menit. 

Terdapat dua skema pola operasi perjalanan KRL di Cikarang/Bekasi

1.Full Racket (Looping)
i.Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai – Kampung Bandan – Pasar Senen – Jatinegara – Bekasi/Cikarang.
ii.Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan – Manggarai – Jatinegara – Bekasi/Cikarang. 

2.Half Racket
i.Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang – Kampung Bandan (PP)
ii.Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP). 

Untuk pelayanan perjalanan KRL lintas Tanjung Priok akan menambah dua perjalanan menjadi 76 perjalanan tiap harinya. Sementara itu perjalanan KRL Lintas Tangerang dan Lintas Rangkasbitung tidak mengalami perubahan yaitu masing-masing perjalanan tiap lintasnya sebanyak 108 perjalanan dan 218 perjalanan per hari. 

Anne juga mengatakan pada pemberlakuan perubahan pola operasi ini, KAI Commuter menjalankan 1.054 perjalanan KRL mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB dengan mengoperasikan 94 rangkaian KRL per hari.(fhm)