Ini Dia Rute Operasional KRL Terbaru di Manggarai, Bekasi Langsung ke Tanah Abang

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 27/Mei/2022 21:08 WIB
KRL di Stasiun Manggarai.(Ist) KRL di Stasiun Manggarai.(Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jalur KRL di Stasiun Manggarai diubah, rute baru berlaku mulai 28 Mei 2022 pagi. Hal itu menyusul dengan adanya kegiatan Switch Over 5 (SO 5) di Stasiun Manggarai. 

"Inilah Switch Over yang paling besar pengaruhnya terhadap perjalanan Commuter line karena Switch Over ke 5 ini akan mengubah loop yang sebelumnya menjadi loop yang baru," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba kepada wartawan, Jumat (27/5/2022) malam. 

Baca Juga:
Lebih 3,3 Juta Tiket Kereta Api Mudik Lebaran hingga Arus Balik Telah Terjual, Ini Rinciannya!

Dikatakannya, SO ini bahkan tidak hanya merubah dari sisi grafik perjalanan kereta, tetapi juga mengubah budaya penggna jasa commuterline pada saat ini. Ada beberapa jalur yang berubah dan akan menjadi kebiasaan baru bagi penumpang KRL, ssperti Bogor-Jakarta kota hanya dilayani di jalur 10,11,12, dan 13. 

Baca Juga:
Menelisik Asal Usul Air di Toilet Kereta Api

"Untuk jalur Bogor hanya untuk dilayani jalur layang, yang ada di lantai 3 Manggarai. Sehingga semua KRL yang datang dari arah Bogor akan masuk ke jalur layang lantai 3, menuju Cikini, Gondangdia sampai Jakartakota PP," jelas Anne. 

Sedangkan untuk tujuan lain, seperti arah Tanah Abang, Sudirman, Angke, Duri sampai dengan Kampung Bandan ini akan dilayani KRL yang ada di lantai satu di jalur 6 dan 7. 

Baca Juga:
KAI Layani 218 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Mudik, KA Ini Paling Diminati!

"Untuk jalur lain seperti tujuan Tanah Abang Sudirman, Angke, Duri, sampai Kampung Bandan, ini dilayani oleh kereta-kereta yang datang dari Bekasi dan Cikarang," sambungnya. 

Dijelaskannya, untuk Bekasi melayani dari Jatinegara, Manggarai, yaitu akan ke Kampung Bandan, Duri, Angke kemudian kembali sebagai PP, itu disebut dengan perjalanan Half Racket.

Sedangkan perjalanan Full Racket yaitu dari Bekasi atau Cikarang masuk ke Jatinegara, Manggarai Angke, Kampung Bandan kemudian masuk ke Pasar Senen kembali ke Jatinegara dan melanjutkan lagi perjalanan ke Cikarang. Dan ada juga yang melalui Pasar Senen, akan ke Manggarai, Jatinegara melanjutkan perjalanan ke Bekasi dan Cikarang. 

Pola operasi ini akan merubah pola transit, yang awalnya Bekasi menuju Jakartakota langsung saat ini harus transit di Manggarai ke KRL arah Bogor ke JakartaKota yang dilayani di lantai 3 stasiun tersebut. 

"Sehingga perubahan pola transit, yang awalnya penumpang Bekasi menuju JakartaKota itu dapat dilayani dengan langsung, saat ini harus transit di Stasiun Manggarai, demikian juga yang dari Bogor ini yang biasa melayani dari Loop Lin baik ke Sudiman, Tanah Abang, Duri, Angke dan kampung Bandan, saat ini transit di Stasiun Manggarai," sebut Anne. 

Dikatakan Anne, dibukanya SO 5 ini akan mempercapat perjalanan KRL lin Bekasi-Jatinegara. Hal ini juga akan mempercepat Headway ketersediaan KRL di setiap stasiun di jalur itu. 

Ditutupnya jalur 1,2, 3 untuk KRL pada SO 5 ini, menurut Anne juga akan sebagai upaya peningkatan faktor keselamatan, di mana sebelumnya banyak orang yang melakukan transit dengan menyeberang rel, namun saat ini yang menyeberang rel hanya yang naik atau masuk dari pintu timur di Stasiun Manggarai. 

Sosialisasi perubahan pola operasi ini terus dilakukan oleh KAI Commuter, ada selebaran yang dibagikan kepada penumpang dan pemeberitahuan langsung melalui pengeras suara. (Fahmi)