Ratusan Calon Jamaah Haji Kota Bekasi Siap Diberangkatkan Tahun Ini

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 28/Mei/2022 14:40 WIB
Calon jamaah haji dilakukan Pembinaan Manasik Haji Masal di Masjid Agung Al Barkah, Kota Bekasi, Sabtu (28/5/2022).(Ist) Calon jamaah haji dilakukan Pembinaan Manasik Haji Masal di Masjid Agung Al Barkah, Kota Bekasi, Sabtu (28/5/2022).(Ist)

BEKASI (BeritaTrans.com) - Kegiatan Pembinaan atau bimbingan manasik kepada calon jemaah haji Kota Bekasi diikuti ratusan calon haji. Mereka adalah yang seharusnya berangkat pada tahun 2020. 

Kegiatan manasik haji massal tersebut berlangsung di Masjid Agung Al-Barkah, Kota Bekasi, Jawa Barat mulai 28-29 Mei 2022. 

Kepala Kementerian Agama (Kemenag), Kota  Bekasi, Sobirin mengatakan, pembinaan dan bimbingan dari Kemenag Kota Bekasi semoga mereka dapat memberikan semangat kepada jamaah haji. 

"Kami akan berupaya baik dari Pemkot Bekasi serta Kemenag Kota Bekasi serta instansi terkait untuk bersinergi memohon ke Kemenag pusat guna menaikkan kembali kuotanya. Dan kepada yang antri hingga tahun 2030 pun semakin mendapat kesempatan lebih cepat berangkat haji," ujar Sobirin dalam kegiatan, Sabtu (28/5/2022). 

Menurut Sobirin, bagi jamaah yang berusia lanjut seharusnya lebih diprioritaskan untuk mendapat giliran haji lebih awal. Dia juga mengapresiasi kepada calon jamaah yang sudah mendaftar namun belum berangkat karena menunggu hingga 15 tahun ke depan. 

Sobirin juga manyampaikan pesan kepada jamaah. Bahwasanya jamaah harus mempersiapkan diri, selain bimbingan tentunya ada persiapan fisik dan juga persiapan batin. 

"Selamat menunaikan Ibadah Haji pada bulan haji nanti. Ini adalah seleksi dari Allah Subhanawataalla  untuk dapat berangkat tahun ini, bersyukurlah dan ikuti Manasik Haji ini dengan baik dan benar agar apa yang dilakukan saat ibadah haji nanti dapat dilakukan dengan sempurna dan khusyuk dalam melakukan ibadanya," ujarnya. 

Dalam Kegiatan Pembinaan dan Bimbingan manasik haji massal ke I dan II Kota Bekasi Tahun 1443 Hijriah- 2022 Masehi, dipimpin langsung oleh Kemendag Kota Bekasi, adapun yang turut hadir yaitu Kepala Kantor, Asda II Kota Bekasi , Kasubbag TU Kemenag Kota Bekasi, Dinas Kesehatan, Imigrasi, dan dari Pihak penerbangan. (Fhm)