Pola Baru KRL Stasiun Manggarai Dikeluhkan Penumpang: Weekend Aja Penuh, Apalagi Senin

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 28/Mei/2022 17:57 WIB
Penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai. (Foto:Twitter) Penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai. (Foto:Twitter)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sejumlah penumpang kereta mengeluhkan dengan adanya perubahan pola operasional KRL yang pada pelaksanaan Switch Over-5 di Stasiun Manggarai. 

Selama operasional Sabtu (28/5/2022) dari pagi penumpang mengeluhkan adanya penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai dan keterlambatan kereta di jalur-jalur tertentu seperti Bogor dan arah Duri. 

Baca Juga:
Ngeri! Seorang Wanita Jatuh dari Peron Stasiun Manggarai Saat KRL Melintas

Telihat banyak beredar postingan foto dan video yang memperlihatkan penumpukan di Stasiun Manggarai. Terlihat pula penumpang hendak naik turun tangga yang sangat ramai hingga berdesakan. Ada juga yang menampilkan antrean yang ramai di lantai 2 stasiun tersebut. Belum lagi adanya penumpukan di jalur 6 dan 7 yang dirasa peronnya sangat sempit untuk sebagai area transit. 

Seperti diketahui, pada SO 5 ini, mengatur perjalanan KRL Lin Bogor hanya melayani relasi Bogor/Depok/Nambo – Jakarta Kota PP via Stasiun Manggarai. Seluruh perjalanan KRL pada lintas tersebut akan dilayani di peron jalur 10,11,12 dan 13 Stasiun Manggarai. 

Baca Juga:
Uji Coba Stasiun KRL Matraman, Banyak Penumpang Salah Turun

Sedangkan untuk KRL Lin Cikarang akan dilayani dengan 2 skema pola operasi: 
1.  Full Racket (Looping) 
a) Cikarang/Bekasi-Jatinegara–Manggarai–Kampung Bandan–Pasar Senen–Jatinegara–Bekasi/Cikarang 
b) Cikarang/Bekasi–Jatinegara–Pasar Senen-Kampung Bandan–Manggarai–Jatinegara–Bekasi/Cikarang 

2. Half Racket 
a) Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Manggarai - Tanah Abang - Angke (PP) 

Baca Juga:
Timbul Ketidaknyamanan di Stasiun Manggarai dan Cakung Selama Pembangunan, DJKA Minta Maaf

Nantinya seluruh pelayanan perjalanan KRL Lin Cikarang di Stasiun Manggarai akan dilayani di peron jalur 6 dan 7 Stasiun Manggarai. 

Penumpang yang mengalami keterlambatan dan menunggu lama hingga menumpuk di stasiun pun memprotesnya membalas serta memention ke akun twitter @Commuterline. 

Seperti salah satu akan, Raflyzio Farhandhika @raflyzio mengkomentari akun @Commuterline. "Demi apapun hari ini parah. Berasa nunggu angkot ngetem, dikit² nunggu sinyal masuk stasiun berikutnya. Perubahan ini gak efektif, gak kebayang nanti pas hari kerja rush hour," ketiknya.

Akun milik KAI Commuter yaitu @CommuterLine juga membalas tweet tersebut dengan menyampaikan permohonan maaf. "Selamat siang Kak. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, sehubungan adanya kepadatan di lintas menyebabkan pergantian jalur masuk di Sta. Manggarai, sehingga membuat KA mengalami selisih waktu pemberangkatan di Sta. Manggarai. Tks," tulis akun @Commuterline menjawab @raflyzio. 

Adapun komentar-komentar lain juga menyambut baik dengan aturan pola operasional terbaru tersebut, penumpang ada yang merasa terbantu karena diuntungkan dengan adanya perubahan ini. Seperti tweet berikut ini. 

"Yang tadinya biasa THB-Cakung transit di MRI, skrng duduk manis aja di KRL. Mudah2an penyesuaian jalur bisa normal dalam beberapa hari kedepan. Biasalah hari pertama pasti chaos. Padahal udh diinfokan jauh2 hari," tulis Rully Sardjan @rullysardjan. 

Penyesuaian perubahan baru di Manggarai juga membuat sebagian penumpang dengan kategori lemah atau renta perlu sedikit dipertimbangkan. Seperti lansia, ibu hamil atau prioritas lain dapat berganti peron dengan nyaman di Stasiun Manggarai. 

"Satu kata "Chaos", saya cuman kasihan buat ibu-ibu yang terpaksa jadi gladiator hari ini sudah menumpuk tapi tetap terpaksa harus naik. Terus tolong untuk petugasnya bisa lebih ramah minta penumpang buat cepat-cepatnya apalagi kalau udah lansia," tulis Didit Handika @didithandika1. 

Aturan yang berjalan baru di hari weekend atau tidak sibuk ini yang sudah berasa perjalanan lama hingga adanya penumpukan penumpang yang cukup ramai di staiun membuat kekawatiran jika di hari sibuk dan jam sibuk seperti Senin pagi. 

"Bener2 deh ini kebijakan baru @CommuterLine !!! Ini weekend loh, gimana weekday. Bener bener ampun deh!!! Buat yg kerjanya lewat st manggarai, fox lu harus nambah waktu 1-2 jam lg dr biasanya," tulis Angga Syafwan @Botetzzz. 

"DiStasiun Manggarai jam pulang kerja Sabtu 28 Mei 2022 Pukul 16 :40 WIB Segini jam pulang Kerja dihari Sabtu, Bagaimana kalau jam pulang kerja dihari Senin - Jumat?  @CurhatKRL @AnkerTwiter @CommuterLine," tulis Agus Mulyana @Agus_julewa. 

(Fahmi)