Penumpang KRL Berdesak-desakan di Stasiun Manggarai

  • Oleh : Taryani

Sabtu, 28/Mei/2022 20:33 WIB
Calon penumpang KRL memadati Stasiun Manggarai, Jakarta. (Foto:Sindo) Calon penumpang KRL memadati Stasiun Manggarai, Jakarta. (Foto:Sindo)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) terlihat memadati Stasiun Manggarai setelah peralihan sistem persinyalan (switch over/SO) ke-5.

Salah satu pengguna KRL di Stasiun Manggarai  menyebut,  penumpang KRL tampak berdesak-desakan.

Kepadatan terjadi karena KRL yang biasanya melintas di peron 1, 2, 3, 4, 5 dialihkan ke peron 6, 7, dan lainnya di bangunan baru. 

Salah seorang pengguna KRL menyebut, sebelum SO 5 diberlakukan, Stasiun Manggarai tidak sepadat hari ini.

Selain penumpang padat di stasiun, kondisi penumpang dalam kereta juga padat. Akhirnya mau tak mau penumpang naik kereta berikutnya dan menunggu sekitar 30 menit.

Kondisi penumpang penuh. Jadi mau enggak mau nunggu sekitar 30 menit, ujar pengguna KRL.

Meski demikian ia mengaku pasrah. Sebab tidak ada  pilihan lain selain  menggunakan transportasi yang difasilitasi negara.

Salah seorang penumpang Riki menyebut, banyak penumpang lain juga kebingungan dan mereka  pasrah.

Sementara itu, pengguna KRL lainnya, Anisa Desi mengaku malas berdesakan dan mengantre di peron Stasiun Manggarai.

Anisa hendak melakukan perjalanan ke Bogor memutuskan untuk bersantai di deretan minimarket Stasiun Manggarai. Ia dan sejumlah penumpang lainnya tampak menyantap makanan siap saji.

"Ramai, penuh juga keretanya juga iya," ujar Anisa.

Anisa sudah menghabiskan waktu selama 2 jam di Stasiun Manggarai ini.

PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) menerapkan rute baru kereta rel listrik (KRL) untuk lintas Bogor dan lintas Cikarang mulai 28 Mei 2022.

Hal itu seiring dengan rencana pengembangan Stasiun Manggarai menjadi Stasiun Sentral.

"Mulai 28 Mei 2022, KRL Lin Bogor hanya menuju ke Stasiun Jakarta Kota, sedangkan untuk KRL Lin Cikarang menggunakan dua pola operasi," tulis akun Twitter KAI Commuter melalui @CommuterLine.

Perusahaan mengatakan akan melakukan Switch Over (SO) atau peralihan sistem persinyalan ke-5 di Stasiun Manggarai pada Jumat 27 Mei 2022 malam hingga Sabtu 28 Mei 2022 dini hari.

SO dimaksudkan untuk menata dan mengkondisikan jalur kereta api di Stasiun Manggarai, sehingga pembangunan akan dilanjutkan.

Dilansir dari CNN Indonesia, VP Corporate Secretary KRL Commuter,  Anne Purba sempat dihubungi  untuk meminta tanggapan. Namun yang bersangkutan belum merespon. (tr/Sumber:CNN Indonesia)