KAI Commuter Jalankan KA Khusus di Sore Hari, Manggarai-Bekasi di Jalur 8, Ini Jadwalnya!

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 31/Mei/2022 15:20 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penumpang kereta api listrik atau KRL di Stasiun Manggarai, akhir-akhir ini diramaikan situasi yang menumpuk yang disebabkan akibat Switch Over-5 (SO-5). 

Mengenai hal tersebut, untuk mengatur lebih baik perjalanan, KAI Commuter kembali lakukan evaluasi Pola Operasi khususnya pada jam sibuk pagi dan sore hari agar proses transit penumpang di Stasiun Manggarai. 

Baca Juga:
MRT Jakarta Akan Akuisisi Saham PT KCI, Kadishub DKI: Sesuai Amanat Presiden

"Dari hasil evaluasi pagi hari ini, KAI Commuter akan mengatur kembali flow pengguna KRL di Stasiun Manggarai khususnya pengguna yang akan menuju arah Bekasi/Cikarang," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Selasa (31/5/2022). 

Mulai Selasa siang ini pukul 12.00 WIB perjalanan KRL Lin Cikarang juga akan dilayani di jalur 8 Stasiun Manggarai. Pengoperasian jalur 8 ini merupakan langkah optimalisasi pola transit pengguna di Stasiun Manggarai karena sudah memiliki akses tangga manual dan terdapat fasilitas eskalator dan lift bagi pengguna prioritas.  

Baca Juga:
Pelaku Pelecehan Seksual di KRL Ditetapkan Tersangka, Terancam 5 Tahun Penjara

Selain itu, untuk melayani pengguna yang transit di Stasiun Manggarai untuk menuju Bekasi/CIkarang pada sore hari KAI Commuter akan menjalankan KRL Feeder relasi Manggarai-Bekasi PP sebanyak enam perjalanan. Berikut jadwal KRL Feeder pada sore hari: 

1.Relasi Manggarai – Bekasi pukul 18.00 WIB, 19.27 WIB, dan 21.11 WIB
2.Relasi Bekasi – Manggarai pukul 18.42 WIB, 20.08 WIB, dan 21.48 WIB 

Baca Juga:
Operasi KRL Berubah Khusus Rabu Malam 28 September, Banyak Perjalanan Dibatalkan, Ini Jadwal Terbarunya!

Dengan pola operasi perjalanan pada lin Cikarang yang baru ini, terdapat juga alternatif perjalanan yang bisa digunakan pengguna untuk melakukan perjalannya. Seperti pengguna di Stasiun Sudirman atau Tanah Abang tujuan Bekasi/Cikarang bisa melakukan perjalannya menggunakan KRL skema pola opeasi full racket dengan relasi Manggarai – Angke – Kampung Bandan – Pasar Senen –Jatinegara untuk menuju Bekasi/Cikarang. 

Berikut Jadwal-jadwal KRL full racket pemberangkatan Stasiun Sudirman yang bisa menjadi alternatif perjalanan menuju Bekasi/Cikarang via Kampung Bandan-Jatinegara pada jam pulang kerja sore hari yaitu KRL 5549  pukul 17.00 WIB, KRL 5551 pukul 17.34 WIB, KRL 5553 pukul 18.16 WIB, KRL 5555 pukul 18.50 WIB, KRL 5557 pukul 19.31 WIB, KRL 5559 pukul 20.38 WIB dan KRL 5561 pukul 21.17 WIB. 

Sedangkan para pengguna KRL yang dari arah Jakarta Kota tujuan Bekasi/Cikarang bisa transit di Stasiun Kampung Bandan untuk menggunakan KRL skema pola operasi full racket relasi Kampung Bandan – Jatinegara – Bekasi/Cikarang. Begitupun sebaliknya pengguna KRL dari arah Bekasi/Cikarang untuk tujuan Jakarta Kota bisa transit di Stasiun Kampung Bandan menuju Stasiun Jakarta Kota dengan menggunakan perjalanan KRL relasai Cikarang/Bekasi – Jatinegara – Pasar Senen – Kampung Bandan. 

Pengoptimalan perjalanan KRL Lin Tanjung Priok juga dilakukan KAI Commuter dengan menambah perjalanan menjadi 76 perjalanan tiap harinya. Dengan optimalisasi ini pengguna yang hendak transit di Stasiun Kampung Bandan untuk menuju Bekasi/Cikarang atau Duri/Kampungbandan akan lebih terlayani. 

"KAI Commuter mengucapkan terimakasih kepada pengguna yang terus mendukung adaptasi dengan berbagai masukan. KAI Commuter berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi cepat sampai adaptasi ini berjalan lancar, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan selama adaptasi ini," pungkas Anne.(fhm)