KCI Minta Penumpang KRL Sabar

  • Oleh : Taryani

Selasa, 31/Mei/2022 20:15 WIB
Ilustrasi penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta. (Foto:Liputan6.com) Ilustrasi penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta. (Foto:Liputan6.com)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – VP Corporate Scretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan KCI menyadari penerapan SO 5 membuat penumpang tidak merasa nyaman. Namun, hal itu dilakukan agar pembangunan Stasiun Manggarai terus berlanjut.

Pengguna KRL dari Bogor-Sudirman misalnya, yang sebelumnya tidak perlu transit, sekarang harus berganti kereta di Manggarai.

"Bayangkan dari Bogor lebih dari 10 tahun tinggal duduk sampai Sudirman sekarang harus transit. Pasti capek," ujar Anne.

Oleh karena itu PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meminta penumpang kereta rel listrik (KRL) bersabar dan beradaptasi dengan penerapan sistem baru atau peralihan persinyalan (switch over/SO) 5.

Anne Purba mengatakan,  pemberlakuan sistem baru ini merupakan dampak pembangunan di Stasiun Manggarai dengan target 18 jalur kereta.

"Iya (pengguna KRL) harus (sabar) dong. Sabar, beradaptasi," kata Anne saat ditemui awak media di Stasiun Manggarai, Selasa (31/5/2022).

Ia menyadari perubahan sistem ini menimbulkan pro dan kontra, termasuk di media sosial. Meski demikian, pihaknya menegaskan akan terus melakukan sosialisasi dan menekan kendala.

Beberapa strategi coba dilakukan seperti memberlakukan lift dan eskalator untuk transit vertikal atau dari lantai tiga ke lantai dasar dan sebaliknya.

Ia juga menyebut penumpang jurusan Bekasi dari Sudirman kini tidak perlu lagi transit di Manggarai.

"Tapi kan shifting yang Bekasi menuju Sudirman sekarang happy karena enggak harus transit. Ada pro dan kontra tapi tidak apa-apa, kami sosialisasikan," ujar Anne.

Anne menegaskan Manggarai merupakan stasiun paling sibuk di Jabodetabek. Meski demikian, KCI memastikan KRL tetap beroperasi meskipun stasiun dibangun.

KCI menerapkan rute baru kereta rel listrik (KRL) untuk lintas Bogor dan lintas Cikarang mulai 28 Mei 2022, seiring dengan rencana pengembangan Stasiun Manggarai menjadi Stasiun Sentral.

"Mulai 28 Mei 2022, KRL Lin Bogor hanya menuju ke Stasiun Jakarta Kota, sedangkan untuk KRL Lin Cikarang menggunakan dua pola operasi," tulis akun Twitter KAI Commuter melalui @CommuterLine pada Sabtu (21/5/2022).

Perusahaan mengatakan akan melakukan Switch Over (SO) atau peralihan sistem persinyalan ke-5 di Stasiun Manggarai pada Jumat 27 Mei 2022 malam hingga Sabtu 28 Mei 2022 dini hari.

SO dimaksudkan untuk menata dan mengkondisikan jalur kereta api di Stasiun Manggarai, sehingga pembangunan akan dilanjutkan. (tr/Sumber:CNN Indonesia)