Libur 1 Juni, Jalur Puncak Bogor Diberlakukan Ganjil Genap

  • Oleh : Taryani

Rabu, 01/Jun/2022 11:05 WIB
Ilustrasi petugas menjaga ruas jalan yang diberlakukan ganjil genap. (Foto:Ist.) Ilustrasi petugas menjaga ruas jalan yang diberlakukan ganjil genap. (Foto:Ist.)

BOGOR (BeritaTrans.com) – Libur 1 Juni 2022 petugas memberlakukan ganjil genap pelat nomor  kendaraan dari arah Jakarta menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Imbas pemberlakukan ganjil genap itu sejumlah kendaraan yang melintas hari ini dengan pelat nomor genap terpaksa diputar balik petugas kepolisian.

“Sudah ada beberapa kendaraan yang kita putar balik, yang masih coba-coba. Tahunya mereka,  wah anggota tidak ada,  atau yang masih nekat, tetap sanksinya kita putar balik kembali ke arah Jakarta," kata KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ketut Lasswarjana, di Simpang Gadog, Rabu (1/6/2022).

Ketut belum bisa memastikan berapa kendaraan yang diputar balik hingga pagi hari ini. Pelaksanaan ganjil genap berimbas adanya antrean di Simpang Gadog menuju arah Puncak.

"Ini ada imbas dari pelaksanaan ganjil genap yang kita laksanakan. Masyarakat itu sepersekian detik berhenti, sehingga ada antrean sekitar 200 meter," jelasnya.

Sistem satu arah atau one way arah Jakarta kemungkinan akan digelar pada siang nanti. Mengingat arus balik wisatawan yang hendak menuju Jakarta.

"Kita mengantisipasi kendaraan ataupun wisatawan yang menginap kemarin, nanti tentunya akan pulang berbarengan di jam 13.00 WIB. Nanti kita melaksanakan rekayasa lalin. Cuma untuk waktunya kita melihat situasi di lapangan," tuturnya.

Ketut mengimbau masyarakat yang hendak menuju Puncak agar melihat pelat nomor kendaraan agar tidak diputar balik. Kemudian, pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

"Ketiga, patuhi rambu-rambu lalu lintas. Jangan mengambil lajur orang lain, karena membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Keempat, perhatikan prokes," terangnya.

"Situasi cuaca di jalur Puncak dari kemarin memang berubah-ubah. siang hari panas, sore hari hujan. Jadi kami mengimbau kepada masyarakat yang ke Puncak agar tetap perhatikan rambu-rambu,” katanya.

Jangan berhenti di bawah pohon atau tebing. Pada saat parkir, benar-benar perhatikan situasi di sekelilingnya. (tr/Sumber:detik.com)