Tol Cibitung-Cilincing Persingkat Waktu ke Pelabuhan Tanjung Priok

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 01/Jun/2022 14:48 WIB
Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad Foto:BeritaTrans.com/aksi.id/ahmad

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus berupaya menyelesaikan target pembangunan ruas Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34,77 kilometer.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran Tol Cibitung-Cilincing yang merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ini dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan.

Baca Juga:
Pelindo Akan Bikin Hub Logistik di Jalan Tol Cibitung Cilincing

Khususnya dari wilayah Timur Jakarta yaitu Cibitung menuju Utara Jakarta di Tanjung Priok menjadi hanya 30 menit.  

"Dengan adanya Tol Cibitung-Cilincing ini akan memangkas waktu tempuh dari wilayah Timur Jakarta menuju Utara Jakarta yang semula memakan waktu 1 jam lebih lewat Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Tol Dalam Kota, menjadi sekitar setengah jam," kata Basuki dalam keterangannya, Jumat (20/5/2022). 

Baca Juga:
Tarif Gratis, Truk-Truk Besar Angkut Logistik Berseliweran di Tol Cibitung-Cilincing Sepanjang 24,75 Kilometer

Jalan Tol Cibitung-Cilincing merupakan jaringan jalan tol di kawasan Metropolitan Jabodetabek yang akan menghubungkan konektivitas kawasan industri di Cikarang dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Terdiri atas 4 seksi, dengan progres konstruksinya untuk Seksi 1 SS Cibitung–Telaga Asih sepanjang 2,6 kilometer, Seksi 2 Telaga Asih–Muara Bakti sepanjang 10,3 kilometer dan Seksi 3 Muara Bakti–Kanal Banjir Timur sapanjang 14,35 kilometer sudah rampung.

Baca Juga:
Progres Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4, Akan Seberangi Banjir Kanal Timur

Sementara untuk Seksi 4 Kanal Banjir Timur–Cilincing sepanjang 7,52 kilometer progresnya mencapai 71,79 persen.

Pembangunan jalan tol ini dikerjakan BUJT PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways dengan kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan konsultan supervisi PT Virama Karya SMEC Denka. Total nilai investasinya sekitar Rp 12,91 triliun untuk keseluruhan 4 seksi.

Jaringan Tol JORR 2 sepanjang 109,57 kilometer ini melingkarb melingkar dari Bandara Soekarno Hatta, Cinere, Cimanggis hingga Pelabuhan Tanjung Priok terdiri atas 6 ruas.

Sebanyak 3 ruas telah rampung yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer, Kunciran-Serpong sepanjang 11,19 kilometer dan Serpong–Cinere Seksi 1 Serpong IC – Pamulang IC.

"Jalan tol tersebut akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR) I yang sudah operasional dan JORR-2 yang tengah dalam proses konstruksi," jelas Basuki.(amt/sumber:kompas.com)