JAS Tangani Keberangkatan Pesawat Jamaah Haji dari Jakarta dan Surabaya

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 04/Jun/2022 15:56 WIB
Pesawat jamaah Haji Saudi Arabia yang ditangani JAS di Bandara Soetta dan Juanda Pesawat jamaah Haji Saudi Arabia yang ditangani JAS di Bandara Soetta dan Juanda

CENGKARENG (BeritaTrans.com) - PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services) menangani keberangkatan perdana penerbangan jamaah calon Haji Indonesia tahun 2022, setelah dua tahun tertunda dampak pandemi global Covid-19.

"Pagi ini JAS Airport Services menangani dua penerbangan Haji menggunakan maskapai Saudia Airline dengan nomor penerbangan SV1413 dan SV4119 menggunakan pesawat B777-300 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, membawa sekitar 400 jemaah calon Haji di setiap penerbangannya," jelas Corporate Communication Manager PT Jasa Angkasa Semesta Ageng Wibowo di Cengkareng, Sabtu (4/6/2022).

Baca Juga:
JAS Dukung Kantor Imigrasi Percepat Layanan Paspor di Bandara Soekarno-Hatta

Selain itu JAS Airport Service juga menangani ground handling penerbangan jamaah calon Haji dengan nomor penerbangan SV 5141 yang dilepas oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dengan membawa 445 Jamaah Calon Haji kloter pertama Jawa Timur dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Dengan begitu, kata dia, JAS menangani keberangkatan jemaah calon Haji dari dua bandara Internasional yaitu Soekarno-Hatta, Jakarta dan Juanda, Surabaya. 

Baca Juga:
Mantap, Ada 9 Layanan dan Fasilitas Favorit Penumpang Pesawat di Bandara Angkasa Pura II

Jumlah total penerbangan Haji 2022 yang dimulai sejak 4 Juni 2022 hingga 2 Juli 2022 yang ditangani JAS sebanyak 87 penerbangan, terbagi atas 38 penerbangan dari Surabaya dan 49 penerbangan dari Jakarta.

"Untuk pelayanan ground handling keberangkatan pesawat Haji, JAS menyiapkan seluruh Peralatan Penunjang Pelayanan Darat atau GSE (Ground Support Equipment) yang diperlukan untuk mendukung kelancaran pemberangkatan para jamaah calon Haji," urai Ageng. 

Baca Juga:
Asosiasi Toilet Indonesia Beri Bintang 4 Gold pada Fasilitas Sanitasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Keberangkatan je
Amaah calon Haji dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dilakukan melalui terminal khusus, terminal 2F. 

Mengingat keberangkatan jemaah calon Haji pasca pandemi global terdapat beberapa persyaratan tambahan baik dari maskapai Saudia maupun pemerintah Saudi, terkait persiapan kondisi dan dokumen kesehatan para jemaahnya.

JAS senantiasa terus mendukung tumbuhnya dunia penerbangan Indonesia dengan selalu berupaya memberikan kontribusi terbaiknya bagi dunia kebandaraan Indonesia.

Pihaknya memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh costumer dan stakeholdernya dengan memenuhi sertifikasi internasional dalam melayani berbagai maskapai asing yang datang ke Indonesia.

"Hal ini terwujud dengan re-sertifikasi ISAGO dari IATA minggu lalu untuk empat station PT Jasa Angkasa Semesta, yaitu Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK), Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bandara Internasional Juanda (SUB) dan Bandara Internasional Kualanamu (KNO)," pungkas Ageng. (omy)