DLH Kota Cimahi Gelar Uji Emisi Gratis, Sasarannya 600 Unit Kendraaan Roda Empat

  • Oleh : Taryani

Selasa, 07/Jun/2022 19:59 WIB
Petugas sedang melakukan uji emisi gas buang kendaraan untuk  mengetahui kadar gas buang kendaraan demi menjaga terciptanya udara yang bersih, Selasa (7/6/2022). (Foto: Istimewa) Petugas sedang melakukan uji emisi gas buang kendaraan untuk mengetahui kadar gas buang kendaraan demi menjaga terciptanya udara yang bersih, Selasa (7/6/2022). (Foto: Istimewa)

CIMAHI (BeritaTrans.com) -  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi menargetkan uji emisi 600 unit kendaraan roda empat yang melintas di kawasan Kota Cimahi.

Uji emisi ini gratis. Berlangsung tiga hari mulai  7-9 Juni 2022. Lokasinya di Jalan Gedung Empat, Jalan HMS. Mintaredja, dan di Pasar Citeureup Jalan Sangkuriang, Kota Cimahi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Lilik Setyaningsih mengatakan, uji emisi dilakukan untuk mendukung terwujudnya kualitas udara.

Khususnya dari pencemaran akibat kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin hari kian banyak. 

"Uji emisi ini untuk meningkatkan kualitas udara di Kota Cimahi sekaligus mendukung program Langit Biru yang dicanangkan Kementerian LHK,” ucapnya, Selasa (7/6/2022).

Menurutnya, uji emisi juga bisa menjadi indikator  untuk mengetahui kinerja mesin dan tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin kendaraan bermotor.

Dasarnya adalah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 tahun 2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Kegiatan ini akan menyasar sekitar 600 unit kendaraan. Pelaksanaannya dilakukan di tiga titik. Melalui program ini diharapkan udara di Kota Cimahi menjadi terkontrol dan bagi kendaraan yang tidak lolos ambang batas emisi gas buang harus dilakukan perawatan. 

"Ini gratis, masyarakat yang ingin mengetahui kondisi kendaraannya bisa datang," ucapnya.

Salah seorang warga Kota Cimahi, Heri menyatakan dukungannya atas pelaksanaan uji emisi kendaraan bermotor di Kota Cimahi. 

“Kegiatan ini positif dan bagus untuk mengurangi tingkat polusi udara. Membantu juga karena gratis, karena kalau harus melakukan uji emisi sendiri biayanya bisa lumayan," kata dia. (tr/Sumber:iNews.id)