Stasiun Gambir Masih Layani KA Jarak Jauh, Bakal Digantikan Manggarai Tahun 2025

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 08/Jun/2022 05:36 WIB
Penumpang menanti kereta api di Stasiun Gambir. (Foto/dok.KAI) Penumpang menanti kereta api di Stasiun Gambir. (Foto/dok.KAI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Stasiun Gambir saat ini melayani Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Namun, Stasiun Gambir akan pensiun melayani KAJJ dan diprioritaskan untuk melayani KRL. 

Peran Stasiun Gambir akan diambilalih Stasiun Manggarai. Stasiun ini tengah dikembangkan menjadi stasiun sentral yang melayani KAJJ, KRL, dan kereta bandara. 

Baca Juga:
Antisipasi Kemacetan di Gambir, 9 KA Beroperasional di Stasiun Jatinegara Khusus Senin 22 April

"Sesuai dengan rencana proyek Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang, Stasiun Manggarai saat ini dikembangkan menjadi stasiun sentral yang akan melayani kereta jarak jauh, KRL, dan KA Bandara," jelasJuru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati kepada wartawan seperti ditulis Selasa (7/6/2022). 

Dia mengatakan, saat ini tengah berlangsung switch over di Stasiun Manggarai. Switch over merupakan pergantian atau peralihan sistem persinyalan, operasional, atau pelayanan untuk meningkatkan penggunaan kereta api. 

Baca Juga:
Antisipasi Kemacetan Kegiatan di Monas, 11 KA dari Stasiun Gambir Beroperasional di Stasiun Jatinegara

"Saat ini masih dalam proses khususnya dengan melakukan switch over. Tentu soal infrastruktur penunjang juga akan disiapkan seperti akses dan parkir," katanya. 

Dia mengatakan, KAJJ akan berhenti terakhir di Stasiun Manggarai. Stasiun Gambir akan diprioritaskan untuk melayani KRL. Jika berjalan sesuai rencana, hal tersebut bakal terealisasi pada 2025. 

Baca Juga:
Penumpang KA Harus Tau! 9 KA Keberangkatan Stasiun Gambir Diberhentikan di Jatinegara Khusus Hari Ini

"Sesuai masterplan dan desain yang ada, KA jarak jauh berhenti terakhir di Stasiun Manggarai. Setelah Stasiun Manggarai selesai dibangun, maka Stasiun Gambir akan diprioritaskan untuk melayani KRL," ungkapnya. 

Stasiun Gambir Masih Normal 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan Stasiun Gambir tetap melayani pelanggan kereta api jarak jauh saat ini. Stasiun Gambir masih dioperasikan sebagai salah satu akses masuk dan keluar ibu kota bersama Stasiun Pasar Senen, Jatinegara, dan Jakarta Kota. 

"Terkait adanya rencana pengalihfungsian Stasiun Gambir, tentu KAI mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. KAI masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk hal tersebut," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya. 

Jika nantinya ada perubahan pelayanan di Stasiun Gambir, KAI melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terlebih dahulu. 

Masyarakat yang sudah membeli tiket dan akan naik kereta api jarak jauh tidak perlu khawatir karena saat ini Stasiun Gambir masih melayani kereta api jarak jauh. Tercatat rata-rata 7.928 pelanggan per hari di bulan Juni 2022. 

"KAI akan terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat melalui transportasi kereta api yang aman dan nyaman," ujar Joni.(fhm)