Bus Generasi Mendatang Butuh Fitur Baru, Agar Penumpang Lebih Nyaman

  • Oleh : Taryani

Rabu, 08/Jun/2022 20:27 WIB
Petugas berjalan di antara bus listrik Transjakarta saat peluncuran uji coba bus di Pool Transjakarta, di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (8/6/2022). (Foto:Antara) Petugas berjalan di antara bus listrik Transjakarta saat peluncuran uji coba bus di Pool Transjakarta, di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Rabu (8/6/2022). (Foto:Antara)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sekretaris Jenderal Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Harya Setyaka Dillon mengatakan,  bus generasi mendatang pascapandemi perlu menyediakan fitur baru agar penumpang merasa nyaman dan aman.

"Desain bus generasi berikutnya adalah pandemic proofing biar penumpang lebih nyaman dan yakin atas keamanannya," kata Harya dalam webinar, Rabu (8/6/2022)

Fitur-fitur yang membuat penumpang angkutan umum menjadi lebih nyaman setelah pandemi di antaranya adalah keberadaan penyaring udara, disinfektan ultraviolet hingga ionizer.

Kendaraan berbasis listrik diyakini menjadi bagian dari masa depan transportasi umum. Oleh karena itu bus generasi baru harus punya desain baru yang lebih ringan karena bobot baterai berat. "Tantangan ke depan mencari sasis dan bodi yang lebih enteng," katanya.


Jalan menuju elektrifikasi kian terbuka lebar. Keraguan yang sempat muncul soal kendaraan listrik sudah terkikis.

Salah satu contohnya adalah uji coba tiga bus listrik yang dilakukan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) pada rute Kampung Melayu - Tanah Abang (5F) untuk mengetahui ketahanan baterai dan memastikan sertifikasi kesesuaian terhadap kebutuhan TransJakarta.

"Bahkan bukan soal kapan mulai elektrifikasi, karena itu sudah terjawab," katanya.

Agar kendaraan berbasis listrik kian berkembang, teknologi baterai menjadi kunci penting.

Bila teknologi baterai sudah kian mutakhir, penggunaan bus listrik bisa diterapkan tak hanya di dalam kota, tapi untuk angkutan antar kota dan provinsi.

Hingga saat ini, teknologi baterai pada kendaraan masih terbatas. Kendaraan listrik dengan sekali pengisian daya bisa mencapai jarak 300 kilometer dengan kecepatan 70 km/jam.

Direktur PT Tentrem Sejahtera, Yohan Wahyudi mengatakan,  pihaknya siap membantu menyukseskan program pemerintah dalam mengurangi karbon emisi.

"Kami berminat dan siap membuat bodi bus listrik. Teknologi pengolahan raw material kita sudah mumpuni, dan kita juga telah memiliki desain yang memang bisa lebih ringan dan kuat," ujar dia.

Sebelumnya, perusahaan karoseri asal Malang, Jawa Timur ini sudah membuat bodi bus dari material aluminium yang lebih ringan hingga 500 kilogram, membuat bahan bakar solar lebih efisien serta lebih hemat dalam penggunaan ban.

Ketua DPD Organisasi Angkutan Darat (Organda) DI Yogyakarta, V. Hantoro menambahkan,  di tengah perkembangan teknologi bus yang cepat, operator harus tetap memperhatikan armada dan awak angkutan serta menata kendaraan agar tidak terjadi kecelakaan. (tr/Sumber:Antara)