Vespa Berbahan Tembaga Mejeng di Vespa World Days Bali, Dijual Rp 1 Miliar!

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 12/Jun/2022 09:21 WIB
Vespa Rp 1 miliar Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto  Vespa Rp 1 miliar Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto

Jakarta (Beritatrans.com)  - Ada yang unik di acara Vespa World Days 2022 yang digelar di Bali. Sebuah Vespa yang keseluruhan bodinya terbuat dari material tembaga dijual dengan banderol Rp 1 miliar. Apa spesialnya?

Benny Abeng, owner dari bengkel Zhafari Bali mengatakan, rekannya yang merupakan pelaku UMKM di Jepara berpikiran bahwa Vespa yang terbuat dari tembaga belum ada di dunia. Mereka ingin memeriahkan Vespa World Days 2022 dengan membawa sesuatu yang unik.

"(Vespa yang terbuat dari) emas ada, yang dari kayu banyak, dari stainless juga ada. Dia berpikiran untuk membuat dari tembaga," ujar Benny saat ditemui di Vespa Village dalam rangkaian Vespa World Days 2022 di Peninsula Island, Nusa Dua, Bali, Jumat (10/6/2022) kemarin.

Vespa yang terbuat dari tembaga ini mengambil basis desain prototipe Vespa 98 tahun 1946. Vespa 98 yang dilahirkan tahun 1946 saat itu sebenarnya masih prototipe, belum diproduksi massal.

Lalu, kenapa harganya mahal banget sampai Rp 1 miliar? Menurut Benny, ini karena motor dibuat dengan tangan atau hand made.

Baca Juga:
Banjir Potongan dari FIFGROUP di Astrapay Sanur Village Festival 2023

Vespa Berbahan Tembaga Mejeng di Bali, Dijual Rp 1 Miliar! Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto


"Kayaknya hand made lebih susah dari cetakan. Kedua, kita harus menghargai pembuatnya yang ingin memeriahkan Vespa World Days. Ketiga, dengan Rp 1 miliar, pekerjaan dia merasa dihargai. Ini lebih dari karya seni. Karya seni yang detail. Rp 1 miliar dianggap nilai yang pantas," ucap Benny.

Motor ini menggunakan mesin 150 cc yang dibikin sendiri. Uniknya, sama seperti Vespa 98 tahun 1946, motor ini masih menggunakan tongkat, tidak pakai kabel-kabel untuk gas, rem dan kopling.

"Basic mesinnya kita bikin, 150 cc. Itu UMKM loh. Kita punya cetakan sendiri, tapi itu manual. Tingkat presisi bisa 100%," klaim Benny.

Motor ini dikerjakan kurang lebih sekitar 2 bulan dengan kru sebanyak 3-4 orang. Mesinnya bisa menyala, meski belum dicoba untuk dijalankan.

Baca Juga:
Tiba di Bali Erdogan Dijemput Mobil Mewah Antipeluru dan Tahan Ledak

Vespa Berbahan Tembaga Mejeng di Bali, Dijual Rp 1 Miliar! Foto: Rangga Rahardiansyah/detikOto


"Kesulitannya, karena tembaga susah dibentuk, jadi harus ada keahlian sendiri. Kedua, ini kalau misalnya dibiarin itu ngedoff (warnanya), penginnya kinclong," katanya.

Menurut Benny, motor Vespa yang terbuat dari tembaga ini sudah menarik perhatian banyak orang. Dia bilang, pencinta Vespa dari Malaysia dan Filipina serius ingin meminang motor tembaga seharga Rp 1 miliar ini.     (ny/Sumber: oto.detik com)


 

Baca Juga:
Penampakan Mobil Mewah China Hongqi N701 yang Jemput Xi Jinping di Bali