Bakamla RI Gelar Latihan Pertahanan dan Keamanan Laut Bagi Personel Zona Barat

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 14/Jun/2022 13:38 WIB
foto:istimewa/BakamlaRI foto:istimewa/BakamlaRI

BATAM (BeritaTrans.com) - Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto, S.Sos., M.Si.(Han) secara resmi membuka pelatihan bidang pertahanan dan keamanan laut. Upacara pembukaan di gelar di lapangan apel Kantor Kamla Zona Maritim Barat,Jl. RE Martadinata No. 16, Batam, Kemarin.

Baca Juga:
Tinjau Persenjataan Kapal, Bakamla RI Zona Tengah Terima Kunjungan Kemenhan

Pelatihan diikuti oleh puluhan personel dari pengawak kapal, Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Pangkalan Batam, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) dan Stasiun Bumi (SB) yang berada diwilayah kerja Zona Maritim Barat.

Pelaksanaan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada personel Bakamla dalam melaksanakan tugas operasi keamanan dan keselamatan di laut baik secara teori maupun praktek terutama dalam prosedur pemeriksaan dan penyelaman.

Baca Juga:
Hukum Laut Dibahas Tuntas Bakamla RI Bersama Australia

Dalam sambutannya, Laksma Bakamla Hadi Pranoto mengatakan materi latihan pertahanan dan keamanan laut yang akan diberikan mencakup pengetahuan perbaikan mesin ringan, pengetahuan pemeriksaan kapal dan pengetahuan penyelaman, dalam siaran pers yang diterima BeritaTrans.com.

Pada kesempatan tersebut Laksma Bakamla Hadi Pranoto menekankan kepada seluruh peserta agar melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, perhatikan dengan seksama pembelajaran yang disampaikan oleh narasumber atau instruktur, perhatikan keamanan dan keselamatan selama mengikuti pelatihan.

Baca Juga:
Bakamla RI Zona Maritim Tengah Gelar Latihan Keamanan dan Keselamatan Laut

Selama Sembilan hari pelatihan dimulai 13 s.d 21 Juni 2022, seluruh peserta akan menerima materi di kelas maupun praktek di lapangan. Untuk materi perbaikan mesin ringan, Zona Maritim Barat mendatangkan instruktur langsung dari teknisi Yamaha Marine Jakarta. Sedangkan untuk materi VBSS dan dasar penyelaman mendatangkan instruktur dari Lanal Batam dan Lantamal IV Tanjung Pinang.

Pelatihan yang digelar Kantor Kamla Zona Maritim Barat ini, merupakan pelatihan yang kedua kalinya digelar semenjak tahun 2021 dan akan menjadi agenda rutin tahunan dari Bakamla RI Zona Maritim Barat dalam hal peningkatan kemampuan personel untuk menjalankan tugas kedepan.(ahmad)

Tags :