Ini Mobil Baru Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto Usai Dilantik Jadi Menteri

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 16/Jun/2022 07:43 WIB
Toyota Crown HV G-Executive yang menjadi mobil Menteri di Kabinet Indonesia Maju. Foto: Lamhot Aritonang Toyota Crown HV G-Executive yang menjadi mobil Menteri di Kabinet Indonesia Maju. Foto: Lamhot Aritonang

Jakarta (Beritatrans.com)  - Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto resmi dilantik Presiden Joko Widodo untuk mengisi posisi menteri di dalam Kabinet Indonesia Maju. Zulkifli Hasan dilantik menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Sedangkan Hadi Tjahjanto kini menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan posisi Sofyan Djalil. Keduanya dapat mobil dinas.

Baca Juga:
Media Center Indonesia Siap Fasilitasi Peliputan MotoGP Mandalika

​​​​​​Menjabat sebagai menteri, baik Zulhas maupun Hadi akan dibekali mobil dinas untuk menunjang pekerjaannya sehari-hari. Mobil dinas itu berupa Toyota Crown 2.5 HV G-Executive.

Crown yang akan dipakai menteri tersebut menggendong mesin berkode A25A-FXS dengan kapasitas 2.500 cc. Sebagai mobil hybrid, mesin digabungkan dengan motor yang kalau digabungkan total tenaganya mencapai 226 PS. Mesinnya punya torsi maksimal 221 Nm pada 3.800-5.400 rpm dan motornya punya torsi maksimal 300 Nm.

Toyota Crown 2.5 Hybrid itu menggunakan baterai tipe nickel-metal hydride. Sebagai mobil hybrid, mengutip laman resmi Toyota, dengan teknologi hybrid Toyota Crown diklaim memiliki efisiensi panas dan performa yang tinggi. Mobil ini juga memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Toyota telah menguji efisiensi bahan bakar Crown di bawah siklus uji JC08 Kementerian Pertanian, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang. Hasilnya, satu liter bahan bakar dihabiskan Toyota Crown ini untuk menempuh jarak 24 km (konsumsi bahan bakar sesuai uji JC08=24,0 km/liter).

Konsumsi bahan bakar tersebut memang tidak melulu sama, tergantung gaya mengemudi, kondisi jalan, dan sebagainya. Namun, angka 24 km/liter sesuai klaim Toyota untuk ukuran mobil dengan mesin 2.500 cc terbilang cukup irit.

Dalam situs resmi Toyota untuk tipe 2.5 HV G-Executive memiliki banderol harga 6.323.400 yen

Untuk fitur Toyota sendiri sudah membekali Crown dengan beragam fitur seperti Pre-Collision Safety System yang bisa mendeteksi pejalan kaki dan juga pesepeda, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Adaptive High Beam System, dan Road Sign Assist.     (ny/Sumber:detikOto.com)