Stasiun Matraman Resmi Beroperasi, Targetkan 10 Ribu Penumpang per Hari

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 19/Jun/2022 14:15 WIB
Menhub Budi Karya tiba di Stasiun Matraman menggunakan KRL pada kegiatan soft launching Pengoperasian Stasiun Matraman, Ahad (19/6/2022). Menhub Budi Karya tiba di Stasiun Matraman menggunakan KRL pada kegiatan soft launching Pengoperasian Stasiun Matraman, Ahad (19/6/2022).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, mengelar Soft Lauching Pengoperasian Stasiun Matraman, Ahad (19/6/2022). 

Baca Juga:
KRL Mati Listrik di Kelender, Perjalanan Tertahan

Turut hadir Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub Harno Trimadi, Direktur Wahid Foundation Yenny Zannuba Wahid, serta perwakilan dari komunitas disabilitas. 

Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub Harno Trimadi, menjelaskan kepada Menhub, pembangunan Stasiun Matraman ini dilakukan dari tahun 2016-2021. 

Baca Juga:
Kembangkan Sistem Integrasi Pembayaran, KMT Jadi Pilihan Utama Tiket KRL Yogya-Solo

Beriringan dengan hal tersebut, pihaknya masih melakukan proses pengerjaan double track antara jalur KRL dan jalur kereta jarak jauh. Tujuannya agar masyarakat perkotaan tidak terganggu dengan pergerakan KAI jarak jauh. 

"Menggantikan double track di sisi sebelahnya yang sekarang dilakukan proses pengerjaannya. Diharapkan tahun depan kita mulai optimal sehingga bisa apply dengan jarak jauh. Jadi masyarakat perkotaan tidak terganggu dengan pergerakan jarak jauh," jelas Harno. 

Baca Juga:
KRL Arah Nambo Alami Gangguan di Stasiun Cawang, KCI Minta Maaf

Stasiun Matraman merupakan stasiun yang ada diantara stasiun Jatinegara dan stasiun Manggarai. Salah satu fungsinya adalah mengurangi beban stasiun Manggarai. 

"Masyarakat yang dari Cikarang-Bekasi yang selama ini harus turun di Manggarai, karena mereka mau ke Salemba sekarang mereka bisa langsung turun di stasiun Matraman," ujarnya. 

Untuk integrasinya, Kemenhub bekerjasama dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta, nantinya akan dibangun konektivitas halte Transjakarta ke stasiun Matraman yang akan melayani 3 koridor. 

"Yang Ancol, TMII dan Senen. Dalam konsepnya ini akan mengantarkan masyarakat kita untuk beraktivitas dari Salemba ke Senen. Kami laporkan bahwa projek stasiun Matraman ini memang dimulai bertahap dan sudah selesai tinggal dioperasikan InsyaAllah," ujarnya. 

Adapun sebelumnya, Stasiun Matraman telah dilakukan ujicoba sejak 17 Juni hingga 18 Juni 2022. Tercatat per harinya sudah mencapai 1.200 jumlah penumpang yang masuk dan keluar melalui stasiun Matraman. 

"Karena kemarin kita sudah uji coba targetnya adalah 10 ribu penumpang per hari. Saat dua hari ini uji coba udah 1.200 penumpang, harapan kami ketika halte transjakara ini sudah jadi maka target itu akan mudah tercapai," pungkasnya.(fhm)