Tanpa Kejelasan Delay 3 Jam, Penumpang Super Jet Air Kompak Turun

  • Oleh : Fahmi

Senin, 20/Jun/2022 09:53 WIB
Tangkap layar, cuplikan video viral penumpang pesawat kesal delay 3 jam Tangkap layar, cuplikan video viral penumpang pesawat kesal delay 3 jam

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Video penumpang pesawat marah dan bersama-sama kompak untuk turun dari pesawat akibat keterlambatan penerbangan 3 jam beredar luas di media sosial. Menurut informasi, mereka dipaksa menunggu di dalam pesawat tanpa kejelasan dari pihak maskapai sejak jam 16.40 sampai 19.30. 

Video amatir itu diunggah oleh akun sumiati_erwin di TikTok pada, Sabtu 18 Juni 2022. Pada akun TikTok-nya Sumiati mengunggah beberapa video yang memperlihatkan kemarahan penumpang pesawat hingga mereka kompak turun bersama-sama. 

Baca Juga:
Pesawat Boeing 787 LATAM Airlines Terjun Bebas, Penumpang Terlempar dari Kursi hingga 50 Terluka


Pada cuplikan video pertama yang diunggah, terlihat seorang pria berteriak memanggil kapten (pilot) untuk keluar menemui penumpang, dengan nada marah pria tersebut meminta kejelasan terkait alasan keterlambatan. 

Terlihat juga pada video lanjutan yang diunggahnya, seorang pramugari berusaha menenangkan penumpang terkait alasan pesawat tidak melakukan penerbangan, pramugari tersebut mengatakan pilot telah mendeteksi adanya cuaca buruk yang mengakibatkan penerbangan terlambat 3 jam. 

Baca Juga:
Perdana Mendarat di Bandara Adi Soemarmo, Pesawat Super Air Jet Rute Solo-Balikpapan PP

“Kalau tidak layak terbang, pasti kita tidak akan terbang namun kalau layak terbang pasti kita terbang, karena ini menyangkut nyawa banyak orang” ucap pramugari 

Kemudian pada video ketiga yang diunggahnya, terlihat beberapa orang telah berdiri dan bersiap turun dari pesawat, namun salah seorang pramugari lewat pengeras suara mengimbau agar mereka Kembali duduk dan mengenakan sabuk pengaman karena pesawat akan segera berangkat. 

Baca Juga:
Super Air Jet Segera Hadirkan Rute Pangkalpinang - Batam

“Silahkan gunakan sabuk pengaman anda, pesawat ini akan segera kami berangkatkan” ucap pramugari 

Tanpa adanya penjelasan lebih lanjut ditambah sebagian orang menyoroti nada bicara pramugari yang dinilai tidak sopan, akhirnya mereka kompak untuk turun dari dalam pesawat. 

“Segera tuh kapan?” tanya salah seorang penumpang   

“Mau turun aja mbak, mau turun, “Saya mau turun” ucap beberapa orang penumpang 

“Begitu banget bahasanya” ucap seorang penumpang 

Kemudian pada cuplikan video berikutnya, pemilik akun TikTok sumiati_erwin mengunggah kondisi di dalam pesawat Ketika para penumpang bersiap turun dan mengambil barang bawaannya, terlihat juga pada cuplikan video, seorang penumpang wanita berdiri meminta seluruh penumpang kompak untuk turun bersama-sama. 

“Kita kompak, kita turun semua ya” ungkap penumpang wanita itu 

Sejak tulisan ini dibuat video tersebut telah banyak mengundang perhatian warganet, beberapa dari warganet menilai hal demikian terbilang wajar dalam penerbangan lantaran cuaca yang tidak dapat diprediksi, 

“Kalau sudah urusan delay pesawat, sabar & ikuti saja.. karena banyak kejadian delay & keterlambatan biasanya menyelamatkan semua” tulis warganet 

“Sebenarnya apapun yang Allah tunda itu karna Allah sedang menyelamatkan hambanya” balas warganet 

Namun sebagian warganet menilai hal demikian sengaja dilakukan pihak maskapai agar tidak mengeluarkan biaya kompensasi delay. 

“Ini yg komen paham ga sih, masalahnya bukan di delaynya cuman cara mereka nahan penumpang di pesawat berjam" biar ga keluarin kompensasi delay” ungkap warganet 

“Penumpang gak salah karena udah nunggu 3 jam. Mending nunggu di waiting room lah daripada nunggu di dalam pesawat.” Balas warganet. (Fh/sumber:viva)