Penerapan Makkah Road di Bandara Soekarno-Hatta Berjalan Lancar

  • Oleh : Naomy

Rabu, 22/Jun/2022 22:09 WIB
Makkah Road Bandara Soetta Makkah Road Bandara Soetta


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penerapan Makkah Road di Bandara Internasional Soekarno-Hatta  berjalan lancar.

Saat ini masih satu-satunya bandara di Indonesia dengan fasilitas Makkah Road yang merupakan inisiatif dari pemerintah Arab Saudi dan Indonesia untuk mempermudah proses keimigrasian jamaah haji asal Indonesia untuk masuk ke Arab Saudi.

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Sudah Tembus 120.000 Orang Per Hari

"Melalui inisiatif Makkah Road yang juga disebut dengan fast-track keimigrasian Arab Saudi, jamaah haji dapat menjalani proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta sebelum berangkat dengan pesawat menuju Tanah Suci," jelas Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Rabu (22/6/2022).
 
Hal ini mempermudah jamaah haji saat tiba di bandara Jeddah atau Madinah untuk dapat memasuki wilayah Arab Saudi.

“Di dalam mendukung inisiatif Makkah Road dapat berjalan dengan baik, AP II menyiapkan seluruh fasilitas yang dibutuhkan di Terminal 2 termasuk juga bersama stakeholder menetapkan alur keberangkatan jamaah haji mulai dari asrama haji, lalu menuju area Makkah Road, hingga naik pesawat,” ujarnya.

Baca Juga:
Dua Operator Bandara Dapat Penghargaan dari Kemenhub

Fasilitas yang disiapkan AP II antara lain area Central Corridor Terminal 2 berkapasitas sekitar 900 - 1.000 orang sebagai tempat menunggu (area holding) para jamaah, sebelum menuju ruangan lain yang dilengkapi 15 kounter imigrasi Arab Saudi memproses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi melalui skema Makkah Road. 

Melalui 15 konter imigrasi Arab Saudi tersebut, diperkirakan setiap jamaah melakukan pre-clearance imigrasi dalam waktu 60 detik.

Baca Juga:
Sukses Gelar Angkutan Lebaran 2022, AP II Sabet Penghargaan dari Kemenhub

Di sekitar area tempat penerapan skema Makkah Road ini, AP II juga menyiapkan antara lain berbagai fasilitas umum yang dapat digunakan untuk kebutuhan jamaah haji termasuk dua musholla sementara di area holding dan musholla di area boarding lounge.

Awaluddin mengatakan, inisiatif Makkah Road dapat diterapkan dengan baik di Bandara Soekarno-Hatta. 

“Penerapan inisiatif Makkah Road dengan baik di Bandara Soekarno-Hatta menjadi bagian dari pelayanan penerbangan haji kepada jemaah haji, dan kami berharap dapat menambah kenyamanan jamaah haji khususnya terkait proses keimigrasian Arab Saudi,” tutup Awaluddin. (omy)