Gelar Pelatihan Kewirausahaan, AirNav Rangkul Komunitas Balon Udara Pekalongan

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 25/Jun/2022 15:23 WIB
Rangkalan TJSL Airnav di Pekalongan Rangkalan TJSL Airnav di Pekalongan

 

PEKALONGAN (BeritaTrans.com) – Dalam rangka melaksanakan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) tahun 2022, AirNav Indonesia menggelar kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dengan merangkul komunitas pecinta balon udara Kota Pekalongan, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga:
Airnav Sabet 3 Penghargaan HCRE Award 2022

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi menyampaikan, pelatihan ini merupakan bagian dari program sosial BUMN tersebut dalam mendukung upaya peningkatan perekonomian masyarakat yang menjadi salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) oleh pemerintah.

"Adapun yang kami libatkan dalam program kali ini adalah masyarakat pegiat balon udara tradisional di Kota Pekalongan. Mereka anak-anak muda produktif yang kreatif dan penuh semangat, yang tergabung dalam Komunitas Sedulur Balon Pekalongan," jelas Rosedi.

Baca Juga:
Airnav Salurkan Bantuan Modal dan Pelatihan untuk Yayasan PUPA Bengkulu

Alasan dipilihnya Komunitas Sedulur Balon Pekalongan sebagai peserta pelatihan bertajuk "Pengembangan Kegiatan UKM dan Pemberdayaan Sosial Masyarakat".

Menurut Rosedi, ini bentuk kepedulian perusahaan terhadap Komunitas Sedulur Balon Pekalongan yang selama ini aktif mendukung pemerintah dalam menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang kegiatan penerbangan balon udara tradisional  yang aman dan tidak membahayakan kegiatan operasional penerbangan.

Baca Juga:
Hijaukan Indonesia, Airnav Tanam 6.500 Pohon di 5 Kota

"Target dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah menumbuh kembangkan minat kewirausahaan para peserta," ujarnya. 

Tidak hanya sebatas memunculkan keinginan untuk memulai kegiatan usaha bagi yang belum bekerja, tetapi juga mendorong peserta untuk menciptakan kreasi baru atas usaha yang sedang dijalankan.

"Bisa dikatakan, ini adalah apresiasi kami terhadap kontribusi mereka yang mendukung keselamatan penerbangan. Sedikit bantuan modal usaha juga kami berikan untuk mendukung peserta yang ingin memulai kegiatan usaha atau buat yang ingin pengembangan," tutur dia.

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan itu sendiri diadakan di Ballon Cafe & Resto, sebuah area kuliner yang dirintis dan dikelola oleh Komunitas Sedulur Balon Pekalongan. 

Lokasi tersebut menjadi objek pengembangan kegiatan usaha yang dilakukan komunitas atas bantuan modal yang diberikan oleh AirNav Indonesia.

"Tempat ini menjadi wadah komunitas untuk berkumpul, berkreasi dan berusaha menambah penghasilan. Semua anggota kami libatkan dalam kegiatan usaha ini, karena hasilnya nanti buat dirasakan kawan-kawan juga," ungkap Ketua Komunitas Sedulur Balon Pekalongan Priyadi Solikhin.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pekalongan Sutarno, mengapresiasi apa yang telah dilakukan AirNav Indonesia tersebut.

"Ini sebuah langkah positif yang diberikan perusahaan kepada masyarakat dalam rangkan menumbuhkan kegiatan perekonomian rakyat. Pemerintah Kota Pekalongan sangat mengapresiasi san berterima kasih atas kolaborasi AirNav Indonesia dan Komunitas Sedulur Balon Pekalongan ini," ucapnya. (omy)