Pergerakan Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Sudah Tembus 120.000 Orang Per Hari

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 28/Jun/2022 13:18 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura II mencatat adanya kenaikan pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) sebesar 18-21 persen pada bulan Mei-Juni 2022. Kondisi ini merupakan pemulihan pasca pandemi Covid-19. 

"Pertumbuhan sekitar 18 sampai 21 persen pergerakan khusus di Bandara Soekarno-hatta. Kita berharap ini terus meningkat," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Selasa (28/6/2022). 

Baca Juga:
Biar Penerbangan Cepat Pulih, Angkasa Pura II Sodorkan 5 Skema Insentif bagi Maskapai

Sementara itu, recovery rate di 20 bandara yang berada di bawah manajemen PT Angkasa Pura II sudah mencapai 60 persen. Rata-rata data penumpang per harinya kini mencapai 120 ribu orang memadati Bandara Soekarno-Hatta. 

Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan pada saat pandemi atau PPKM, di mana angka penumpang hanya mencapai 10-15 ribu orang per hari. Demikian juga dari angka pergerakan penumpang di bulan Desember 2021 sebesar 80.000 orang per hari. 

Baca Juga:
Akselerasi Pemulihan Penerbangan, Angkasa Pura II dan Changi Airport Group Jajaki Kolaborasi di 3 Aspek

"Jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta pada Juni 2022 rata-rata sekitar 120.000 orang per hari," ungkapnya. 

Menurut dia, peningkatan ini sejalan dengan membaiknya penanganan pandemi Covid-19. Perjalanan wisata menjadi penyumbang utama pergerakan penumpang. 

Baca Juga:
Injourney Apresiasi Kesiapan Bandara Sambut Atlet ASEAN Para Games XI

Oleh karena itu, saat ini waktu yang tepat untuk mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata Indonesia. "Salah satunya kami dorong dengan mengenalkan ragam budaya nusantara di bandara," tandasnya.(fh/sumber:sindonews)