Musim Libur Sekolah, Terminal Bekasi Alami Pelonjakan Penumpang

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 30/Jun/2022 11:46 WIB
Penumpang bus berdatangan di Terminal Bekasi untuk berangkat, Kamis (30/6/2022). Penumpang bus berdatangan di Terminal Bekasi untuk berangkat, Kamis (30/6/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Memasuki musim liburan anak sekolah, keberangkatan penumpang bus di Terminal Bekasi mengalami pelonjakan. 

Sudah sejak sepekan terakhir, rata-rata bus yang diberangkatkan dalam kondisi penuh bahkan penumpang ada yang tidak kebagian keberangkatan lantaran bus penuh. 

Baca Juga:
Begini Serunya Naik Bus dari Terminal Bekasi

"Lumayanlah ramai, karena libur anak sekolah dah seminggu ini," ujar agan tiketing bus, Denwarta di terminal tersebut, Kamis (30/6/2022). 

Dia mengatakan bahwa pada hari ini, bus Sinar Dempo tujuan Pagar Alam ada sebanyak empat bus dari Jabodetabek yang telah berangkat dua dari Bekasi dan dua lainnya dari Kampung Rambutan. Keempat tersebut telah penuh terisi penumpang. 

Baca Juga:
Bus Primajasa Setia Menanti Penumpang di Terminal Bekasi

"Kadang-kadang berangkat empat, kadang tiga. Hari ini dua dari sini, dua dari Kampung Rambutan," sebut Denwarta. 

Ramainya penumpang diperkirakan akan terjadi hingga memasuki libur Idul Adha. Agen tiketing tersebut juga menyebutkan bahwa dalam beberapa hari ke depan sudah banyak penumpang yang memesan tiket terlebih dahulu. 

Baca Juga:
Belasan Bus Geber Terminal Bekasi, Penumpang?

"Ke depan sudah banyak yang memesan tiket, sampai Lebaran Haji," ujar Denwarta. 

Ramainya penumpang bukan hanya terjadi dari arah Jabodetabek saja, melainkan juga dari arah keberangkatan sebaliknya, misalnya di Terminal Bekasi banyak penumpang turun juga. 

Ramainya penumpang tidak hanya terjadi pada PO dengan tujuan Pagar Alam saja, tetapi juga di alami agen di PO lain yang memeberangkatkan bus arah Medan, Padang dan tujuan Sumatera lain hingga Jawa. 

Seperti yang dialami oleh karyawan tiketing lain yang memberangkatkan bus arah Padang, Beni. Hari ini dia memberangkatkan empat bus dari Terminal Bekasi. 

"Alhamdulillah sedikit melonjak dari hari biasa, hari ini tiga bis, satu lagi nanti akan berangkat," sebut Beni di Terminal Bekasi. 

Beni juga menyebutkan, penumpang yang akan dia berangkatkan dari terminal tersebut bahkan kerap tidak mendapatkan bangku dan harus menanti bus berikutnya atau hari berikutnya untuk bisa berpergian. 

"Kita dari sini enggak tentu, kadang enggak kebagian bangku juga," ucap Beni. 

Untuk saat ini sejumlah agen di terminal tersebut tidak menaikkan harga pada musim libur sekolah dan Libur Lebaran Haji kali ini. Beni saat ini menjual tiket bus PO ANS tujuan Bekasi-Padang berkisar Rp 450 ribu sampai Rp550 ribu.(fhm)