Gandeng Polairud, Kemenhub Tingkatkan Keterampilan Menembak Awak Kapal Negara

  • Oleh : Naomy

Kamis, 30/Jun/2022 12:26 WIB
Bimtek keterampilan tembak Bimtek keterampilan tembak

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) keterampilan menembak KPLP Angkatan II Tahun 2022.

Baca Juga:
Mantap, Awak Kapal Patroli KPLP Dibekali Keterampilan Menembak

Dilaksanakan mulai  27 Juni hingga 1 Juli 2022, di Pusat Pendidikan Polisi Air dan Udara, Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta.

Direktur KPLP, Capt Weku Frederik Karuntu mengatakan, Bimbingan Teknis Keterampilan Menembak merupakan keterampilan yang sangat diperlukan Awak Kapal Negara Patroli KPLP, karena suatu saat akan diperlukan bila keadaan sudah terdesak.

Baca Juga:
Kemenhub Perkuat Personel SAR di Perairan dan Pelabuhan

"Dengan latihan menembak, kita dapat melatih kedisiplinan, ketenangan, kesabaran  dan fokus, untuk  menentukan suatu keputusan yang tepat. Pergunakan kesempatan mengikuti pembelajaran dengan sebaik-baiknya, agar tidak ketinggalan ilmu pengetahuan tentang tatacara tehnik menembak, merawat dan menyimpan senjata api dengan benar. Perhatikan dengan baik petunjuk-petunjuk yang disampaikan oleh para Instruktur," ujarnya.

Pelaksanaan bimtek ini merupakan implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 111 Tahun 2017 tentang Tata Kelola Senjata Api Dinas di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Baca Juga:
Bantuan Angkutan Kapal Perintis dalam Sidang Sinode Papua, Kemenhub Diapresiasi Mensos

"Metode pelaksanaan bimtek ini yaitu pengenalan senjata api, praktik di lapangan dan praktik pengambilan nilai di lapangan," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Awak Kapal Patroli KPLP menjadi lebih percaya diri dalam melaksanakan tugas dilapangan, yaitu melakukan pengawasan keamanan pada alur Pelayaran, sehingga tidak ragu dalam bertindak sesuai koridor hukum.

"Oleh karena itu, Pelatihan Menembak ini yang disampaikan oleh para instruktur, diharapkan kepada para Awak Kapal Negara Patroli untuk dapat mengikuti dengan sebaik-baiknya, memperhatikan petunjuk-petunjuk yang disampaikan para Instruktur, guna menambah wawasan dan di pedomani, karena hal ini tidak terlepas dari tugas dan fungsi kita dalam melaksanakan pengawasan, keselamatan dan keamanan pelayaran," bebernya.

Peserta Kegiatan Bimbingan Teknis Keterampilan Menembak Angkatan II, adalah dari Awak Kapal Negara Patroli pada Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, berjumlah 40 orang peserta.

"Bagi peserta yang sudah diamanatkan memegang Senjata Api Dinas, bahwa Bimbingan Teknis Keterampilan Menembak ini adalah sebagai penyegaran kembali serta mendapatkan informasi terbaru tentang aturan-aturan yang harus dilaksanakan dalam menyimpan, menggunakan ataupun merawat Senjata Api Dinas," ujarnya.

Sebagai informasi, acara pembukaan Bimtek turut dihadiri oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok; Kepala Pusat Pendidikan Polisi Air dan Udara Tanjung Priok; Para Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas terdiri dari Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa, Kelas IV Muara Angke, Kepulauan Seribu dan Marunda; serta Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tanjung Priok. (omy)