Kereta Ukur Baru Milik KAI dari Swiss Tiba di Jakarta, Begini Penampakannya!

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 30/Jun/2022 20:35 WIB
Kereta ukur jalan rel dan LAA tipe EM120 nomor 7190 tiba di dermaga kendaraan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta | Foto: Balai Yasa Mekanik Cirebon Prujakan Kereta ukur jalan rel dan LAA tipe EM120 nomor 7190 tiba di dermaga kendaraan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta | Foto: Balai Yasa Mekanik Cirebon Prujakan

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kereta ukur baru produksi Plasser & Theurer pesanan KAI akhirnya tiba di Jakarta. Kereta ukur dengan tipe yang juga EM120 ini tiba di terminal kendaraan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (29/6/2022). 

Kereta ukur berwarna oranye dan biru ini sebelumnya telah menampakkan diri lewat bocoran-bocoran di media sosial saat masih berada di pabrik Plasser & Theurer di Swiss. Selain untuk pengukuran jalan rel, kereta ukur ini juga dapat melakukan pengukuran listrik aliran atas (LAA) seperti kereta ukur Galunggung. Hal ini tampak dari decal pada bagian samping badan kereta. 

Baca Juga:
Ramai Penumpang KRL Masuk Stasiun Bekasi, Antrean Masih Diberlakukan

Kereta ukur bernomor 7190 ini nantinya akan bertolak menuju Balai Yasa Cirebon Prujakan. Biasanya, pengiriman kereta mekanik buatan Plasser & Theurer dari Jakarta ke Cirebon akan melalui jalan raya dengan menggunakan truk trailer. 

Kereta ukur jalan rel dan LAA tipe EM120 nomor 7190 dari lebih dekat | Foto: Balai Yasa Mekanik Cirebon Prujakan. 

Baca Juga:
KAI Commuter Hadirkan Kegiatan "Commuter Life Style" di Stasiun BNI City

Berbeda dengan kereta ukur EM120 lama milik KAI yang masih bersistem analog, kereta ukur EM120 ini sudah bersistem digital. Sistem digital ini tentunya membuat kereta ukur baru ini jauh lebih canggih dan presisi dari kereta ukur lama. 

Belum ada informasi mengenai uji coba maupun kegiatan lainnya yang akan kereta ukur baru ini jalankan. Belum ada informasi juga mengenai nasib kereta ukur EM120 lama yang saat ini berkedudukan di Depo Mekanik Bandung setelah kedatangan kereta ukur EM120 baru ini. (fhm/sumber:redigest)

Baca Juga:
Mobil Dihantam KA Argo Cheribon Akibatkan 4 Orang Tewas dan Lokomotif Rusak, KAI Sampaikan Ini!