Rangkul Warga Sekitar, Padat Karya Kembali Digelar KSOP Marunda selama 3 Hari

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 06/Jul/2022 12:59 WIB
foto:istimewa foto:istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda, Rabu ( 6/7) selenggarakan padat karya kepada warga sekitar selama 3 hari.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Ajak Masyarakat Dumai dan Pekan Baru Ikut Padat Karya

Seperti biasa mitra kerja Kementerian Perhubungan, Anggota DPD Daerah Pemilihan DKI Jakarta, Fahira Idris SE. MH , hadir menyaksikan prosesi hari pertama pekerja padat karya bekerja.

Dalam laporannya, Kepala KSOP Marunda Patrick Pardede, menyatakan, kegiatan padat karya ini sebagai upaya pemerintah mendukung kegiatan percepatan mengatasi masalah perekonomian masyarakat karena pandemi. 

Baca Juga:
Mantap, Awak Kapal Patroli KPLP Dibekali Keterampilan Menembak

"Kegiatan ini dilaksanakan melalui swakelola. Diantaranya pengecatan kantor, penataan halaman, pengecatan pos kerja Muara Tawar,"  ungkap Patrick Pardede.

Padat karya ini dimulai pada tanggal 6-8 Juli ini dilangsungkan dengan mempekerjakan 45 orang. Sebanyak 40 orang bekerja di kantor KSOP Marunda dan 5 orang di Pos Kerja Muara Tawar.

Baca Juga:
Kemenhub Perkuat Personel SAR di Perairan dan Pelabuhan

"Peralatan kerja sederhana dan material dari UMKM setempat, pembayaran tunai kepada pekerja," ujar Patrick Pardede.

Kegiatan juga dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Kegiatan lainnya yang berhubungan dengan masyarakat, melalui kolaborasi dengan pihak terkait akan dilanjutkan," tutup Patrick Pardede.

Hadir pada  pembukaan padat karya itu dari  Kantor Kesyahbandaran Utama (KSU) Pelabuhan Tanjung Priok, diwakilkan oleh Dadang, Kantor OP Tanjung Priok diwakilkan U. Aritonang dan Pajudin, Kantor Distrik Navigasi Tanjung Priok, Bagian Perencanaan Ditjen Hubla, BTKP, Kepala BKKP Widi, Kepala Pangkalan PLP Tanjung Priok, Capt. Wahyu Prihartanto, KSOP Sunda Kelapa, KSOP Kepulauan Seribu, KSOP Muara Angke, Kantor Polsek Muara Baru, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, Terminal Umum KCN dan seluruh pekerja padat karya dari Marunda dan Muara Tawar.

Fahira Idris. dalam sambutannya menyatakan, kehadirannya merupakan kali keempat. Atas kegiatan padat karya ini merasa bangga dengan Kementerian Perhubungan, karena kegiatan yang terkait dengan kemasyarakatan terus berlanjut di unit pelaksana teknis yang ada di DKI Jakarta.

"Setiap saya ketemu dengan pekerja, mereka bersyukur atas kegiatan padat karya, karena mereka memperoleh pendapatan," katanya.

Koordinator pekerja padat karya, Suhada mengakui kegiatan padat karya ini meski singkat namun bermanfaat bagi warga.

Pada pembukaan kegiatan padat karya juga diserahkan penghargaan dari Fahira Idris pada semua pihak terkait di lingkungan kerja Pelabuhan Marunda atas kegiatannya selama ini yang berdampak positif pada masyarakat.

"Padat karya ini cukup membantu untuk dapur, " kata Suhada yang warga Cilincing.(ahmad)