Kerja Sama Pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu Sah Dimulai

  • Oleh : Naomy

Kamis, 07/Jul/2022 12:48 WIB
Pengesahan dimulainya pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu oleh PT Angkasa Pura Aviasi Pengesahan dimulainya pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu oleh PT Angkasa Pura Aviasi


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kerja sama pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu kelolaan PT Angkasa Pura II dengan PT Angkasa Pura Aviasi sah dimulai.

Hari ini (7/7/2022) disaksikan Menteri BUMN Erick Tohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Sekretaris Daerah Sumatera Utara Nur Salim Affan, MoU Serah Terima kelolaan Bandara Internasional Kualanamu dilakukan.

Baca Juga:
Penumpang Terus Meningkat, Layanan Penerbangan Umrah di Bandara Soekarno-Hatta dengan Lion Air Kini di Terminal 2F, Garuda dan Saudia Tetap di T3

Pertama dilakukan serah terima Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) dari Ditjen Perhubungan Udara melalui Plt Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono kepada Direktur Utama PT Angkasa Pura Aviasi Achmad Rifai.

Selanjutnya President Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyerahkan kelolaan Bandara Kualanamu kepada Dirut Angkasa Pura Aviasi Achmad Rifai.

Baca Juga:
Angkasa Pura II Siap Kembali Layani Penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga

Menteri BUMN menyampaikan, upaya ini bagian dari pengembangan dan membuat Bandara semakin dikenal dikancah internasional.

"Kita ingin Indonesia terus berkembang tidak hanya Jawa Sentris. Dengan adanya kerja sama ini maka diharapkan Bandara Kualanamu terus meningkat," ungkapnya.

Baca Juga:
Menhub Bertemu dengan Dubes Arab Saudi, Sepakati Pembukaan 4 Penerbangan Umroh dari Bandara Kertajati

Sedangkan Menhub menyatakan bahwa nantinya Bandara Kualanamu akan menjadi Hub dengan pengelola baru ini.

"Kalau tadinya Bandara Kualanamu hanya menjadi destinasi, maka selanjutnya akan menjadi Hub dengan pengembangan kapasitas menjadi lebih besar," tuturnya. 

Dia ingin Bandara Kualanamu juga menjadi pusat tourism, kargo, dan bicara kompetisi dengan negara lain. 

"Terpenting adalah trafik penumpangnya juga meningkat, kami janji dengan Pak Erick dalan satu tahun jumlahnya bertambah," ujar dia.

Presiden Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menambahkan, pihaknya akan langsung menggenjot pertumbuhan dan pengembangannya.

"Ditargetkan jumlah penumpang yang saat ini tujuh juta per tahun akan menjadi 15 juta pertahun," ungkapnya. (omy)